"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 27 September 2018

Ribuan RTM Jember Dapat Bantuan ‘Bekerja’ Kementan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Jember Kamis  (27/09/2018), kembali distribusikan bantuan Bedah Kamiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja), Program Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Penyaluran bantuan berupa kandang ayam, ayam, pakan ayam, vitamin, dan disinfektan di Kecamatan Gumukmas ada 300 Rumah Tangga Miskin (RTM), masing-masing untuk Desa Menampu, 200 RTM dan Desa Karangrejo 100 RTM, Hal ini merupakan kelanjutan penyaluran bantuan di Kecamatan Kalisat.

Bupati Jember dr Hj Faida, MMR menyampaikan, bahwa kurang lebih 12.600 keluarga miskin di Kabupaten Jember akan mendapatkan program ayam ini. “Satu keluarga akan mendapat 50 ekor ayam, pakan untuk 5 bulan, vitamin serta kandang”, jelasnya.

Usai menyalurkan bantuan, Faida berkesempatan mengunjungi rumah salah satu warga yang tinggal berdua dengan cucunya yang difabel. Keluarga ini juga mendapatkan bantuan dari Pemkab Jember. “Semoga bantuan itu dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari”, katanya.

Jika program ini berhasil, lanjutnya, maka dapat dilakukan penambahan. Untuk memastikan itu, maka akan ada survei lanjutan. Survey juga untuk memastikan peberima bantuan masih berstatus masyarakat miskin, yaitu penghasilan keluarga di bawah Rp. 600 ribu.

Menurut Direktur Kesehatan Hewan Provinsi Jatim, Fadjar Sumping, bahwa program ini untuk 425 RTM, terbagi dua kecamatan, di Gumukmas dan Kalisat. Di Desa Gambiran, Kalisat, ada 125 dari target 373 RTM. Sedang di Menampu ada 200 dari target 577 RTM dan di Karangrejo 100 dari target 289 RTM.

Sementara Kepala Puvetma, selaku penanggungjawab program Bekerja Jember, Agung Suganda menyampaikan, jumlah ayam yang diturunkan di Jember yaitu sekitar  634.900 ayam usia 4 minggu serta pakan langsung jadi.

Masyarakat di harapkan dapat menjaga ayam dengan baik. Tujuan program ini supaya masyarakat memperoleh sumber protein dari hewani, serta mendapat pendapatan jika sudah waktunya dijual khususnya ayam jantan. Satu RTM mendapatkan 50 ekor ayam, 2 karung pakan, serta paket vitamin.

Agung Suganda menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Jember yang telah menyiapkan dan mendukung program Bekerja kementerian pertanian. "Ini suatu sinergi yang luar biasa antara pemerintah daerah dengan pusat," pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: