"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 3 October 2018

Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Jember Beri Vaksin Kucing Gratis

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan (DKPP) Rabu (3/10/2018) memberikan vaksin gratis terhadap hewan peliharaan kucing.

Pemberian vaksin ini sangat penting, sebagai upaya menjaga kesehatan hewan peliharaan. Demikian kata Kepala DKPP Andy Prastowo melalui drh Dokter Klinik Peternakan Drh Fahmi Galuh, disela-sela acara di kantornya Jl. Letjen Suprapto 139, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kaliwates

Pemberian vaksin ini guna menjaga kesehatan binatang piaraan khususnya kucing, agar tetap sehat jauh dari penyakit. Sejumlah vaksin yang diberikan diantaranya Diantaranya,  vaksin Rhinotracheitis, Callcivirus dan Panleukopenia serta Chlamydia.

Untuk pendaftaran, menurutnya,  memang dibatasi untuk satu pemilik, satu KTP, satu kucing, jumlah yang mendaftarkan sejak dibuka tanggal 27 dan 28 September 2018  sudah memenuhi target sebayak 203 kucing. Sementara untuk pelaksanaanya mulai tanggal 1 hingga tanggal 4 Oktober.

"Suntik Vaksin hewan piaraan kucing ini untuk kekebalan kucing agar terjaga kesehatannya dan tidak mudah terjangkit penyakit yang menular  pada manusia, seperti Rabies,  virus Lyssaviruses ini bisa menular ke manusia melalui liur denga  gigitan atau cakaran.

Drh Fahmi menyarankan pemilik kucing agar rajin membersihkan kandang dan memeriksakan kesehatan hewannya disesuaikan dengan jenis kucing yang dimiliki, untuk  kucing bulu panjang dua kali seminggu harus dimandikan, sedangkan jenis bulu pendek sekali seminggu.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat khususnya pemilik ternak anjing dan kucing untuk dapat  melakukan vaksinvaksin mandiri,” pungkasnya.

Salah seorang pemelihara Kucing,  Sulastri Warga Jl dr Sutomo, Kelurahan Kepatihan, Kaliwates mengaku senang ikut program vaksin ini. "Mumpung ada, ya  harus dimanfaatkan, apalagi tanpa biaya dan kucing bisa terjaga kesehatanya, kalau bisa, sering-seringlah." Katanya sambil tersenyum. (edw).

Berita Terkait Kesehatan

No comments: