"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 27 November 2018

BPBD Situbondo Siap Siaga Antisipasi Bencana di Musim Hujan

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Pemerintah kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui BPBD menyatakan kesiapannya menghadapi kemungkinan terjadinya Bencana Alan akibat tingginya curah hujan tahun2018.

Sejumlah persiapan menghadapi musim hujan tahun ini sudah dilakukan secara matang. Sejumlah dinas dan instansi terkait TNI-  Polri sampai di masyarakat tingkat bawah sudah dipersiapkan. Demikaian kata Sekretaris Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Budi Narwanto,  Selasa (27/11/2018)

BPBD juga sudah memiliki peta dan data terkait daerah-daerah yang rawan bencana dan  menyampaikan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  dan informasi mengenai perkembangan cuaca serta terus  menjalin komunikasi  sinergisitas dengan semua fihak terkait.  "Kami tinggal menunggu intruksi saja”, katanya,.

Saat ini, Pemkab terus mendorong masyarakat khususnya komunitas pengurangan resiko bencana di semua daerah agar waspada. "Saya juga meminta kepala daerah mulai dari sektor Barata sampai ujung batas kabupaten hingga tingkat RT yang daerahnya masuk daerah rawan agar selalu waspada," lanjutnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat tetap waspada saat hujan disertai angin kencang, tidak berteduh di bawah pohon. "Selain perintah langsung kepada pejabat daerah, juga menggunakan media sosial dalam menyebarkan informasi kebencanaannya, agar masyarakat lebih siaga akan kemungkinan terjadinya bencana," katanya.

Untuk beberapa titik rawan mulai dari daerah pegunungan, pesisir desa Banyu Glugur batas barat kabupaten hingga wilayah timur batas kabupaten Situbondo Wonorejo, kecamtan Banyuputih.  Kemungkinan bencana di  daerah  disebabkan karena adanya pergerakan tanah di sejumlah rumah warga

Meski begitu, ia berharap dengan daya dukung yang serba terbatas, masyarakat secara mandiri mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana tersebut. BPBD, menurutnya untuk saat ini sudah memperkuat persediaan logistik di gudang kantornya. ( Edo).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: