"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 17 November 2018

MAN 2 Jember Sabet Juara 1 Trophy Bergilir Lomba Paskibra

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Madratsah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember sabet juara 1 Tropy bergilir lomba Paskibra yang digelar Seven Dream City dan Purna Paskibraka Indonesia kabupaten Jember.

Sementara untuk  Juara 2 lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) diraih Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Jember, dan juara 3, SMA Negri 4 Jember, sedangkan untuk Danton terbaik direbut danton dari SMA Negri 4 Jember. Kegiatan ini diikuti 304 personil dari 19 pleton SMK/SMA se Kabupaten Jember.

Tampak antusiasme peserta dalam  kegiatan perdana begitu terlihat, dalam kegiatan yang mulai pukul 08.00 WIB hingga selesainya acara pada sekira pukul 13.00 wib, ratusan peserta sudah bersiap dalam kegiatan yang diselenggarakan di Complek Seven Dream City Jalan Slamet Riyadi, Baratan, Kecamatan Patrang ini.

Menurut Ketua Panitia, Try Sandi Apriana, bahwa kegiatan ini disamping bertujuan untuk meninggakatkan jiwa Nasionalisme dikalangan pelajar, juga  untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman wawasan kebangsaan generasi muda khususnya siswa MA/SMA/SMK.

“Kegiatan ini disamping untuk meningkatkan jiwa nasionalisme para pelajar,  generasi penerus bangsa, juga untuk membina kedisiplinan para pelajar, kemampuan baris-berbaris, dan pengibaran bendera yang dapat bermanfaat dalam peningkatan rasa patriotisme,” jelasnya Sabtu (17/11/2018)

Untuk materi lomba meliputi gerakan dan kekompakan, Kreasi Gerakan Baris-berbaris. Mereka menggunakan berbagai macam pakaian, sesuai dengan temanya.  "Untuk juara 1,2 dan 3 dan terbaik komandan pleton, dan Tropy bergilir bagi pemenang pertama, ditambah uang pembinaan." Katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Purna Paskibra Indonesia Kabupaten Jember Faiq Saiku Abdulrahman, menurutnya kegiatan ini untuk menggali potensi besar yang dimiliki oleh sekolah-sekolah dengan banyak kreasi dan formulasi serta inovasi dalam baris-berbaris.

"Kami ingin menonjolkan dan memunculkan ide dari sisi lain dari baris - berbaris, dibalik kedisiplinan siswa pasti memiliki motivasi dan kreasi serta inovasi gerakan yang mengefresikan dirinya sendiri, Tim penilai/juri dalam kegiatan ini pun terdiri dari beberapa instansi. Diantaranya, Kodim 0824/Jember, Polisi, dan PPI.

Pelda Wawan Wardoyo, juri 1, dari instansi Kodim 0824/Jember mengapresiasai kegiatan ini, lomba paskibra ini dapat mengurangi kegiatan-kegiatan negatif pelajar, seperti narkoba.  “Untuk mengurangi kegiatan negatif yang ada dikalangan pelajar. Semoga juga dapat mendorong kegiatan positif di Sekolah.” tutur Pelda Wawan

Juri menilai kretria kerapian seragaman, kekompakan dan keindahan gerakan pasukan, untuk Danton terbaik, teknik vokal dan kwalitas Vokal hamonisasi penjiwaan. Setiap regu terdapat 15 personil dan 1 danton, dengan waktu selama 7 menit untuk menunjukan atraksi dan kebolehanya. (edw).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: