"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Sunday, 25 November 2018

Tiga Wilayah Kecamatan Banyuwangi Diterjang Banjir Lumpur



Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Alasmalang meradang lagi, Desa di wilayah Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi ini Minggu (25/11/18) sekitar pukul 16.22 WIB kembali diterserang banjir.

Banjir dibandang dipicu meluber air Sungai Badeng dari jembatan Desa Alasmalang akibat  intensitas hujan yang terlalu tinggi hingga tidak bisa mampu menampung debit air yang terlalu tinggi, akibatnya air yang bercampur lumpur itu menerjang  sejumlah merangsek memasuki sejumlah rumah warga.

Masih belum diketahui berapa banyak jumlah korban dan kerusakan akibat banjir bandang itu, pasalnya sampai berita ini dipublikasi masih dalam proses pendataan. Termasuk sejauh mana tingkat kerusakan dan kerugian yang dialami warga juga masih dalam pendataan.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi yang menerima laporan langsung menurunkan tim TRC nya menuju lokasi, dan sekitar pukul 17.40 WIB langsung mengambil langkah cepat dengan menghalau warga yang mendekat di lokasi kejadian serta membantu mengevakuasi warga terdampak.

“Di awal tim TRC sudah kita turunkan 4 personil untuk mengambil langkah-langkah pencegahan guna penyelamatan, yaitu, Moh. Abdi Agam, Sigit Jatmiko, Andika Pranajaya dan Cholid Ali,” jelas Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Banyuwangi Fajar Suasana Minggu (25/11/18) malam.

Tampak juga Bhabinkamtibmas dan Babinsa Alasmalang, Dinas Perhubungan dan Relawan Kebencanaan. “Kita himbau warga terdampak menghindari aliran sungai dan mengevakuasi diri. Untuk jalan raya menuju jembatan Alasmalang arah Genteng-Jember di tutup total oleh pihak Dishub,” terang Kalaksa BPBD Fajar Suasana.

Relawan Himpunan Pecinta Alam Banyuwangi (Hipaba), Yudhi Presetya Basuki melaporkan, tiga jembatan di tiga kecamatan mengalami kenaikan debit air. Diantaranya di jembatan Gendoh, Kecamatan Sempu, Jembatan Suramadu Sungai Badeng Kecamatan Singojuruh dan luapan di jembatan Gladag Kecamatan Rogojampi.

Yudhi, relawan Hipaba berambut gondrong ini menghimbau kepada warga yang ada di sekitar aliran sungai agar berhati-hati. “Jika hujan deras ini terus mengguyur, luapan air akan memasuki rumah warga yang ada di sekitar aliran sungai tersebut,” serunya. (kim).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: