"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Friday, 1 February 2019

Bupati Faida; FWLM Jember Tetap Harus Jaga Idealismenya

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Bupati Jember dr Faida, MMR meminta kepada Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Kabupaten Jember agar tetap idealismenya dalam membela kebenaran.

Membela kebenaran dengan menulis kebenaran itu. "Tulislah kebenaran, ungkaplah kebenaran,” tegas Bupati Jember dr Hj Faida, MMR saat menerima pengurus Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Jum'at  (1/2/2019), di ruang Tamyaloka Pendapa Wahyawibawagraha.

Namun, bukan berarti wartawan tidak bisa menjadi mitra Pemerintah, disamping, mempublikasikan Prestasi yang telah diraihnya, juga untuk mengetahui kekuarangannya, sebagai bahan pemerintah untuk evaluasi kinerja. “Untuk itu tulislah apa adanya, berdasarkan fakta, bukan hoax”, harapnya.

Untuk itu Faida mengajak FWLM dapat bekerjasama, disamping  dapat menyebarluaskan keberhasilan pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember secara cepat, akurat, juga memberitakan temuan penyelewengan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentunya harus disertai solosi.

Bupati pertama di Indonesia yang mengugat non litigasi izin Tambang Emas Silo ke Kemenkumham ini juga meminta FWLM mengkawal Organisasi Perangkat Daerah (OPD). "Galilah informasi di setiap OPD, kalau perlu tempel, dengan demikian, pemberitaan OPD lebih mudah didapat masyarakat”, lanjutnya.  

FWLM juga diharapkan mampu menyalurkan ilmunya kepada generasi milineal, karena generasi milineal juga memerlukan ilmu jurnalistik.  Generasi milineal ini, lanjut Bupati, akan ditempatkan di beberapa desa atau posisi tertentu untuk pemberitaan di wilayah-wilayah se-Kabupaten Jember.

Sementara, Ketua FWLM Ihya Ulumiddin mengaku siap bersinergi untuk ikut membangun Jember.  "Kita ingin membangun Jember dari karya jurnalistik, dengan pemberitaan kritis, positif, edukatif, dan informatif, serta menginformasikan potensi Jember," kata pria yang akrab dipanggil Udik ini.

Pasalnya menurut wartawan harian Duta Masyarakat yang akrap disampa Udik ini memang sejak awal terbentuknya FWLM lima  tahun silan ini  memang berupaya untuk  menceta wartawan yang profesional, dan mengubah pandangan buruk terhadap wartawan.

Sejak dibentuk pada tahun 2014, lanjutnya, forum telah melaksanakan sejumlah kegiatan, sSeperti seminar, diskusi, serta diklat jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi, dan kegiatan lainnya. Forum yang dibentuk dengan kesamaan pandangan ini, saat ini  juga telah memiliki legalitas hukum.

Hal senada juga disampaikan anggota Ombudsman FWLM Gangsar Widodo, menurutnya Forum ini memiliki tujuan baik untuk menciptakan kualitas jurnalistik yang mumpuni. "Forum juga siap mengedukasi masyarakat melalui berita yang sehat dan akurat," terang Pimpidan Redaksi Fakta Jember ini.

Sementara anggota Ombudsman lain, M Rully Efendi, menyampaikan, selama  forum berdiri tetap memegang idealisme. "Dengan bertemu Bupati, bukan berarti kita menjadi medianya Bupati, tetapi medianya Kabupaten Jember yang sudah berkewajiban membangun  Jember”, katanya. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: