"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 31 January 2019

Candi Deres Bakal Dijadikan Destinasi Wisata Sejarah Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Desa (Pemdes) Purwoasri Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Jawa Timur bertekat akan menjadikan Candi deres sebagai Tempat Destinasi wisata sejarah.

Untuk itu Pemdes bersama Komonitas Gerakan Pemuda Peduli candi deres bekerjasama dengan dinas pariwisata, melakukan pembangunan. Situs peninggan kerajaan Majapahit yang diperkirakan sejak 1370 masehi ketika kerajaan Majapahit dipimpin oleh raja Hayam wuruk berkuasa ini.

Menurut Kades Purwoasri Sahuri, idenya itu dapat dukungan Dinas Pariwisata, dengan digelontorkannya dana untuk pelestarian situs sejarah itu secara bertahap. "Nanti kalau sudah jadi objek wisata, diharapkan akan berdampak peningkatan ekonomi warga, dengan berjualan di sekitar candi," kata Sahuri.

Untuk program terdekat Lanjut Sahuri, pembangunan akses jalan menuju candi, karena saat ini masih kurang layak, sementara untuk Dana Desa (DD) masih belum memungkinkan untuk menjangkau pembangunan jalan, karena begitu panjangnya hingga sekitar 5 km," Jelasnya.

Untuk itu Sahuri berharap agar akses jalan menuju candi deres dapat dianggarkan melalui Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Propinsi Jawa Timur. "Karena jalan ini amat penting, disamping untuk akses menuju candi, jalan ini juga berfungsi sebagai jalur ekonomi pertanian," pungkasnya. (yond).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: