"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 12 February 2019

Wabup Jember Resmikan 12 Sumur Bor Bantuan Menteri ESDM

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Wakil Bupati Jember bersama Kepala Biro Umum, Kementrian ESDM, dan anggota Komisi VII DPR RI, Selasa (12/2/2019) meresmikan 12 Sumur Bor didaerah kekurangan air bersih.

Penyerahan sumur bor bantuan Badan Geologi Kementerian ESDM yang dipusatkan di Dusun Sumber Pakem Desa / Kecamatan  Silo ini ditandai pengguntingan pita. Tampak hadir dalam acara itu, Muspika Kecamatan Silo, Kepala Desa Sumber Pakem dan perangkatnya serta puluhan warga penerima manfaat.

"Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karenanya bantuan ini sangat membantu warga Jember terupata yang  kondisinya alamnya mengalami permasalahan  penyediaan air bersih,”  Demikikan disampaikan Wabup Jember KH Muqiet Arief saat memberikan sambutan didepan para undangan.

Menurutnya bantuan proyek infrastruktur Kementerian ESDM berupa pengadaan Sumur Bor untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat sekitarnya. Bantuan  pengadaan air bersih yang  bisa diminum langsung ini tidak hanya di Tahun ini  tetapi sudah dilakukan sejak tahun 2006.

Wabub berharap Program ini bisa berlanjut, karena masih banyak warga di Jember yang masih mengalami permasalahan dengan kebutuhanan air bersih. Diakhir sambutannya  KH Muqiet mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Anggota DPR RI Komisi VII Bambang Hariyadi. 

Hal senada disampaikan Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Drs Endang Sutisna, menurutnya sejak tahun 2006 sudah mengerjakan 33 titik pengeboran sumur air bersih di Jember. "Untuk tahun 2018 ini Kementerian ESDM sudah membangun sumur bor air bersih di 12 titik pengeboran" ujarnya.

Masing-masing  di Desa Silo dan Sempolan, Silo, Desa Curah Kalong Babgsalsari. Desa Pakusari, Pakusari. Desa Bintoro Patrang. Desa Sukosari, Sukowono. Desa Randuagung, Sumberjambe. Desa Jatiroto Sumberbaru. Desa Antirogo Sumbersari. Desa Selodakon Tanggul. Desa pondokrejo dan Desa / Kecamatan Tempurejo. 

Spesifikasi teknis Sumur Bor ini berkedalaman 100 sampai 125 meter dan alat-alat untuk mengaktifkan dan memfungsikan Sumur Bor ini menggunakan pompa selam (submersible)  3 PK, genset berkapasitas  12,5 kvh dan tandon air berkapasitas 5000 liter,  sehingga bisa melayani sekitar 2800 jiwa penduduk." jelasnya

Dengan keberhasilan program ini dalam mengentaskan permasalahan air bersih didaerah  sulit air bersih maka kementrian ESDM  akan terus berupaya untuk menambah anggaran agar dapat menjangkau masyarakat didaerah sulit air bersih yang lebih banyak lagi.

Sementara anggota Komisi VII DPR RI asal Partai Gerindra Bambang Haryadi mengatakan, sebagai putra daerah yang dipercaya masyarakat menduduki kursi di legislative merasa bertanggung jawab membantu masyarakat Silo.  Komisi VII kebetulan  adalah mitra Kementerian ESDM.

“Kami jadi wakil rakyat juga karena didukung warga Jember, sudah seharusnya membantu apa yang diinginkannya,  disamping memenuhi kebutuhan air bersih, kami juga akan mengupayakan penerangan tenaga listrik Surya, agar warga terpencil dapat penerangan, syukur jika bisa untuk menggerakkan mesin pompa air.

Salah satu Warga sekitar, mengaku senang dengan bantuan Sumur Bor ini. Dirinya menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Pemerintah Menteri ESDM, Bupati dan Wakil Bupati Jember serta anggota DPR RI  Bapak Bambang Hariyadi yang telah mengupayakan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

"Terus terang warga disini merasa sangat senang sekali,  sehingga masyarakat yang tadinya sulit mendapatkan air bersih, sekarang sudah enak, dulu kalau nyari air harus ke sungai dengan menggunakan sepeda dengan menempuh  jarak yang jauh tetapi saat ini tidak lagi," kata  Juhairiyah

Saat ditanya apakah untuk mendapat air ditarik biaya, untuk membeli solar menghidupkan mesin sumur bor air bersih, untuk sementara ini memakai uang dari jimpitan, selanjutnya dirinya berharap, untuk tahun depan Pemerintah bisa menggratiskan dengan menggunakan tenaga surya," harapnya. (edw/eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: