Translate

Iklan

Iklan

Balittas Malang Bakal Lepas Varietas Unggul Tembakau Lokal Jember

3/01/19, 19:48 WIB Last Updated 2019-03-31T12:50:13Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dua peneliti Pemuliaan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang Jum’at, (1/3/2019) Temui Bupati Jember di Pendapa Wahyawibawagraha.

Menurut salah-satu peneliti, Fatkhur Rohman bahwa tujuan pertemuannya dengan Bupati Jember dr Hj. Faida, MMR, dalam rangka pelepasan varietas unggul lokal tembakau Kasturi Jember, dan direncanakan mengikuti sidang pelepasan bulan April 2019 mendatang.

Varietas ini layak dilepas menjadi benih bina atau benih legal. Namun sebelum dilepas, harus didaftarkan ke pusat perlindungan varietas tanaman ke Jakarta. Pihak yang berhak mendaftarkan adalah kepala daerah. “Karena asal usul varietas itu dari Jember, daerah Kalisat dan Wuluhan, yang dimurnikan,” terangnya.

Untuk mendaftarkan varietas itu, pihaknya sudah membuatkan dokumen kelengkapan. Setelah mendapat persetujuan dari bupati, berkas pendaftaran itu akan dikirim ke pusat perlindungan varietas tanaman ke Jakarta. Pada bulan April, lanjutnya, ada persidangan pelepasan varietas.

Dalam sidang ini akan dipresentasikan untuk memperoleh SK pelepasan. Jika sudah dilepas, disertifikasi benihnya, selanjutnya bisa diedarkan ke petani. Untuk varietas tembakau kasturi yang sudah dilepas yaitu Kasturi 1 dan 2. Kedua varietas ini rentan terhadap penyakit jamur dan bakteri.

Pengujian varietas dibiayai PT Benih Emas Indonesia yang merupakan grup PT Sadana di Jember. “Mereka mau mendanai karena mereka juga mau melepas. Mereka punya dua varietas unggul yakni hibrida dan galur murni,” terangnya.

Pada Oktober 2019 nanti Balittas juga akan melepas varietas unggul tembakau cerutu Jember. Menurutnya Bupati merespon dengan baik. “Karena tembakau cukup luas ,sekitar 10 ribu tiap tahunnya, dan secara keseluruhan ada tembakau kasturi, tembakau cerutu,dan tembakau furus,” jlentrehnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Balittas Malang Bakal Lepas Varietas Unggul Tembakau Lokal Jember

Terkini

Close x