Translate

Iklan

Iklan

Program 4000 Sambungan Air Gratis PDAM Jember Pecahkan Rekor Muri

4/02/19, 17:00 WIB Last Updated 2019-04-03T16:15:10Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk menunjukkan komitmen pemenuhan air bersih bagi semua orang, Pemkab Jember bersama PDAM Jember Selasa (2/4/2019), menggelar Kongres Air Minum.

Kongres Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang digelar di GOR PKPSO Kaliwates ini disamping dihadiri oleh Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, juga diikuti sebanyak 4.000 orang, Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Air Sedunia.

Menurut Faida bahwa 4.000 orang ini adalah penerima sambungan gratis saluran air bersih PDAM. “Ini adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, bahwa air bersih adalah hak semua orang,” tegas Bupati saat sambutan dalam acara  bertema Pasang 4.000 Sambungan Gratis PDAM ini.

Sambungan gratis ini terlaksana, berkat gotong royong pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Pada tahun 2018, Pemkab Jember melalui APBD menyubsidi sebesar Rp. 2 Milyar. Anggaran ini meningkat pada tahun 2019 menjadi Rp. 10 milyar.

Penerima pasang gratis ini memiliki kreteria khusus, yaitu keluarga dengan ibu hamil, supaya bisa mendapat air bersih selama kehamilan hingga melahirkan dan anak yang dilahirkan sehat. Keluarga yang memiliki balita stunting. “Air bersih adalah salah satu solusi menyelesaikan masalah balita stunting,” jelasnya.

Prioritas juga diberikan kepada keluarga yang memiliki anak tahfidz minimal satu juz. Penyambunan gratis ini juga sebagai apresiasi kepada para guru ngaji, keluarga kader posyandu, keluarga takmir masjid. Program ini juga untuk para dhuafa, buruh tani, buruh tembakau dan nelayan.

Program ini untuk memperluas saluran air bersih. Saat ini baru 11 dari 31 kecamatan. “Jember tidak kesulitan mata air, tetapi, untuk infrastruktur penyambungannya yang perlu diolah sehingga bisa melepaskan ke 31 kecamatan, Kita bikin instalasi produksi air bersih (IPA) baru, kolaborasi dengan APBN, lagi,” imbuhnya.

Lebih jauh bupati menerangkan, pada tahun 2017 sekitar 37 persen masyarakat tersambung dengan air bersih. Pada tahun 2018 menjadi 45 persen dan tahun 2019 pemerintah menarget 50 persen masyarakat tersambung dengan PDAM.

Selain itu, bupati mengungkapkan program 4.000 sambungan gratis air bersih PDAM ini mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (Muri). “Karena memang yang pertama kali memberikan pemasangan dengan jumlah yang paling banyak di Indonesia,” ujarnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program 4000 Sambungan Air Gratis PDAM Jember Pecahkan Rekor Muri

Terkini

Close x