Translate

Iklan

Iklan

Puluhan Umat Hindu Bali Gelar Penyucian Diri di Jember

4/08/19, 21:52 WIB Last Updated 2019-04-24T03:53:41Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan Umat Hindu Bali membawa sesajen mengenakan kain (kamen), kebaya untuk perempuan sambil duduk berjajar dengan pria berpakaian dominan putih sebagai atasan.

Ada yang menjunjung simbol-simbol dewa-dewi di kepala. Gelaran ini yang dipimpin oleh Mangku Budi Wasesa bersama tidak kurang dari 30 orang melakukan ritual penyucian diri dan penyucian tempat gua di Dusun Ledok Rt 01 Rw 01 Desa Sidomukti Mayang  Senin (8/4/2019) pagi.

“Mereka yang datang dari Pulau Bali langsung melakukan ritual penyucian diri dan tempat gua. Ritual  yang dipimpin pemangku Budi Wasesa terlihat hitmad, mereka mengenakan kain serba putih dan menggunakan topi kebesaran maupun payung dan janur mengelilingi tempat (Gua)”, kata Kades Sidomukti Sunardi

"Berjumlah sekitar tiga puluh orang yang menggunakan pakaian Serba putih, yang dipimpin oleh Mangku Budi Wasesa mengadakan ritual di gua milik Gus Munawar yang berlokasi di Dusun Ledok Rt 01 Rw 01 Desa Sidomukti Mayang,"jelas Kades Sunardi

Hampir semuanya membawa sesajen, berpakaian dominan putih. Ada yang menjunjung simbol-simbol dewa-dewi di kepala. "Upacara digelar dengan hening. Pemimpin upacara memanjatkan doa dan membunyikan genta. Sekelompok perempuan menyanyikan kidung ke hadapan semesta."pungkasnya (edw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puluhan Umat Hindu Bali Gelar Penyucian Diri di Jember

Terkini

Close x