"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 27 August 2019

Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan, Bupati Inhil Keluarkan SE

Bupati Inhil HM. Wardan saat meninjau Karhutla, kredit foto: Rhama Melo

Inhil, MAJALAH-GEMPUR.Com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menerbitkan Surat Edaran (SE) berisikan imbauan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil dan masyarakat supaya mengurangi aktifitas di luar ruangan, Senin (26/8/2019) pagi.


Imbauan melalui surat edaran tersebut disampaikan Bupati menyusul kadar asap yang semakin tinggi akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang menyebabkan hampir seluruh kawasan di Kabupaten Inhil diselimuti asap tebal.

Bupati juga mengimbau agar dapat meliburkan aktifitas kelompok khusus/rentan seperti PAUD, TK, SD, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, masyarakat dengan penyakit jantung kronis dan kelompok masyarakat dengan usia lanjut atau lebih dari 55 tahun.

"Jika ISPU sudah lebih dari 150 atau udara tidak sehat, meliburkan kelompok khusus atau rentan ini perlu dilakukan karena bahaya dan mengancam kesehatan," ujar Bupati saat dikonfirmasi sejumlah media. 

Bupati menjelaskan, imbauan tersebut penting untuk disampaikan karena asap tebal dapat mengganggu kesehatan masyarakat. Bupati juga memberikan tips kepada masyarakat agar senantiasa sehat meski dalam kondisi daerah diselimuti kabut asap tebal.

"Seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, minum air putih lebih banyak dan lebih sering, menutup sumur dan tempat penyimpanan air serta selalu menggunakan masker pada waktu kabut asap," terang bupati. 

Tentunya, sambung bupati, ini sangat penting dilakukan guna menjaga kondisi kesehatan. Asap tebal ini berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan. Oleh sebab itu, tips-tips yang diberikan adalah langkah pencegahan.

Terakhir, Bupati berharap agar Karhutla dapat segera diatasi agar kondisi dapat kembali normal tanpa asap tebal. Dia menuturkan, pihak TNI, Polri dan Pemerintah Daerah tengah berupaya keras, berjibaku memadamkan api di beberapa titik lokasi. (Rhama Melo).

Berita Terkait

No comments: