"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Thursday, 5 December 2019

Bacabub Djoko Susanto-Rescue Baret Jember Tangani Korban Puting Beliung

Djoko Susanto bersama Rescue Baret Jember saat meninjau langsung kawasan terdampak puting beliung di Desa Tegal Waru, Kecamatan Mayang, kredit foto: Istimewa 

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Beberapa wilayah di Jember, Rabu 4 Desember 2019 kemaren diluluh lantakkan angin puting beliung. Akibatnya, pemukiman warga mengalami rusak parah karena bencaca alam yang mendadak ini.



 Berita tersebut terdengar ke telinga Djoko Susanto, bersama Rescue Baret Jember merespon cepat dengan langsung bertindak turun ke lapangan. Mereka melakukan pendataan ke lokasi, memberikan bantuan berupa logistik dan perbaikan rumah masyarakat terdampak.

Ketua Baret Jember, David Handoko Seto mengatakan, dalam rangka mempercepat pemulihan situasi dan kondisi, pihaknya tergerak memberikan bantuan bagi warga yang terdampak atas kejadian angin puting beliung yang melanda wilayah Kabupaten Jember.

"Alhamdulillah, kami dari Baret Jember bersama bapak Djoko Susanto turun ke wilayah bencana puting beliung. Ini adalah respon cepat kami dalam melayani masyarakat dan membantu pemulihan rumah warga," katanya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat yang kemungkinan besar bakal jadi Bacabub Jember, Djoko Susanto menghimbau, agar masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang, petir dan kilat. Potensi hujan disertai petir dan angin kencang tersebut sewaktu-waktu bisa terjadi siang maupun malam hari.

“Kami juga mengapresiasi langkah Baret Jember atas kesigapannya menangani bencana puting beliung yang terjadi di wilayahnya. Untuk mendukung hal ini, kami juga siap membantu guna mempercepat pemulihan,” kata Djoko meninjau pemulihan rumah warga terdampak puting beliung di Desa Tegalwaru, Kecamatan Mayang.

Terkait rumah warga yang rusak-rusak, Djoko mengharap OPD terkait segera mendata dan mencocokkan dengan pihak pemerintah daerah, agar bisa dilakukan identifikasi. Selain itu, ketersedian tempat pengungsian yang memadai juga harus disediakan khususnya bagi yang kategori rumahnya rusak berat.

Pantauan media ini, kejadian bencana angin puting beliung melanda 9 desa dan 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Jember, diantaranya; Desa Sumberlesung dan Karang Paiton (Kecamatan Ledokombo), Desa Ajung dan Gumuksari (Kecamatan Kalisat), Desa Tegal Waru dan Tegal Rejo (Kecamatan Mayang), Desa Bedadung (Kecamatan Pakusari), serta Desa Arjasa dan Darsono (Kecamatan Arjasa). (Eros/RF)

Berita Terkait Peristiwa

No comments: