"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Sunday, 19 January 2020

Aspirasi Disabilitas Jember Kepada ‘Mbak Tari’ Anggota DPRD Jatim



Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anggota DPRD Jatim Hari Putri Lestari, Mimggu (19/1/2020) temui komunitas penyandang Disabilitas dari Persatuan Penyandang Cacat (Perpenca) Jember.
 
Kehadiran anggota Legislatif asal Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan  pada pertemuan yang dilaksanakan di Wilayah Kelurahan Jember Lor kecamatan Patrang ini dalam rangka kunjungan Dapil, sekaligus untuk menyerap aspirasi.

Tampak hadir mendampingi mantan Aktvis buruh yang juga disapa HPL dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 60 orang itu diantaranya Anggota DPRD Jember Fraksi PDI Perjuangan, Indridjati, Praktisi hukum Universitas Jember, Edy Mulyono dan Ketua Perpenca Jember, Zainuri.

Menurut, perempuan lulusan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang biasa disapa Mbak Tari ini bahwa dalam acara itu banyak aspirasi yang masuk,  diantaranya soal pendidikan, layanan kesehatan, perburuhan serta kelembagaanya.

“Diantaranya keluhan soal minimnya fasilitas sekolah inklusi, hingga pendidiknya, termasuk belum adanya biasiswa bagi anak-anak penyandang disabilitas, usia pra Sekolah Dasar (SD) atau mulai Playgroup, Paud  hingga TK”, kata perempuan yang juga akrap disapa HPL ini.

Akibatnya beban biaya yang ditanggung tidak sedikit, sementara mayoritas orang tua anak berkebutuhan khusus  ini rata-rata dari golongan orng tidak mampu. “Untuk itu mereka meminta kami memfasilitasi agar bisa disampaikan kepada pemerintah, agar diberi biasiswa,” jelasnya.

Mereka juga meminta agar para penyandang disabilitas diberi kemudahan untuk bekerja baik di Lembaga Pemerintahan, perusahaan baik Pemerintah maupun swasta. Mereka juga berharap ada program pelatihan keterampilan, Prodak, kemasan, pemasaran hingga pinjaman modal.

“Kami sebagai wakil rakyat yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jember – Lumajang) tentunya akan mengakomodir aspirasi ini dan melaporkan kepada Partai, mulai dari Pusat hingga Daerah untuk direkondasikan dan dikawal kepada instansi terkait”,  pungkasnya.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Jember, Indridjati, juga menyatakan kesiapannya memfasilitasi aspirasi ini, bahkan perempuan yang dua kali melenggang di kursi legislatif ini menegaskan jika ada kendala dilapangan agar tidak segan-segan menghubunginya.

“Jika ada masalah, jangan sungkan-sungkan menghubungi saya, atau bisa melaporkan kepada partai kami, Insya-Allah Saya dan Partai kami  akan selalu siap jika dibutuhkan oleh rakyat,” tegas Anggota Komisi D DPRD Jember Fraksi PDI Perjuangan asal Semboro  ini.

Sebelum acara pertemuan ini diakhiri dan Mbak Tari langsung bertolak ke Surabaya, para peserta yang disaksikan oleh para undangan yang hadir bersepakat untuk membuat Yayasan Lembaga Penyandang Disabilitas Jember pada bulan depan. (eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: