"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 13 January 2020

Berikut Jadwal Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2020 Kabupaten Jember

Komisioner KPU Jember Andi Wasis, Doc: Fahmi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember akan membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Komisioner KPU Jember, Andi Wasis mengatakan, sesuai dengan jadwal sebagaimana Surat Edaran (SE) untuk pengemuman nanti dimulai tanggal 15-17Januari 2020, pendaftaran dimulai tanggal 18-24 Januari kemudian tanggal 25-27 Januari penelitian administrasi.

"Selanjutnya, tanggal 28-29 Januari pengumuman yang lolos administrasi, tanggal 30 Januari sampai 1 Februari untuk pelaksanaan tes tulis, selanjutnya tanggal 2-3 Februari pengumuman hasil tulis," ujar Andi Wasis di ruangannya, Senin 13 Desember 2019.

Tanggal 6-12 Februari, lanjut Andi Wasis, pelaksanaan tes wawancara, tanggal 14 Februari penetapan dan pengumuman PPK terpilih tanggal 15-21 Februari. Setelahnya, KPU menerima tanggapan dari masyarakat mulai tanggal 21-28 Februari. Sementara, untuk pelantikannya, tanggal 21 Februari 2020.

"Persyaratannya, tidak jauh berbeda dengan sebelum-sebelummya pada rekrutmen badan ad hoc, yang jelas warga negara Indonesia dan usianya minimal 17 tahun dan maksimal usianya 60 tahun," terangnya.

Selain itu, kata dia, harus memiliki E-KTP, bila tidak memiliki, cukup dengan surat perekaman E-KTP bukan menggunakan Surat Domisili dan sebagainya. "Alamat tinggalnya harus sesuai sengan yang ada di KTP," ucapnya. Serta ada juga Surat Sehat. Namun, KPU nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan terkait hal tersebut.

Masa kontraknya, sambung Andi Wasis, dimulai bulan Maret-November, dua bulan setelah pemilihan. "Saya berharap, jumlah pendaftar lebih banyak daripada rekrutmen-rekrutmen terakhir, sebab semakin banyak kualitasnya nanti akan semakin baik," harapnya. (RF).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: