"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 1 January 2020

Cerita Mistis Masjid Tiban Pasuruan

Masjid Tiban Pasuruan tampak dari sisi barat, Doc: Fahmi/MG

Pasuruan, MAJALAH-GEMPUR.Com - Selama ini, masjid Tiban dikenal berada di Turen Kabupaten Malang, masjid yang super besar berlantaikan 10 menjulang tinggi dengan ornamen warna biru putih.

 Selain besar, Masjid Tiban Turen Malang ini juga menyimpan cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon, proses berdirinya dibantu oleh ribuan jin dan warga pun tidak mengetahui aktifitas pembangunannya.

Lokasi masjid tepatnya di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang ini juga terdapat Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri'asali Fadlaailir Rahmah.

Selain di Turen Malang, nama Tiban juga diadopsi masjid yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Beji, Desa Baujeng. Arsitek bangunannya hampir sama namun ornamen warnanya berbeda.

Ada sebuah menara yang cukup tinggi yang menjadikan masjid ini terlihat mirip dengan masjid Tiban Turen Malang. Juga cerita mistis yang menyebar dari mulu ke mulut warga sekitar.

Wasil, warga Situbondo yang ngontrak tepat di samping masjid semula merasa tidak asing dengan masjid Tiban ini, dia teringat dengan masjid Tiban Turen Malang yang pernah dikunjunginya, Rabu 1 Januari 2020.

Kata Wasil, mendengar cerita dari warga lainnya, masjib Tiban ini dulu lokasinya tidak di sini, berada agak ke timur. Namun, tiba-tiba saja pindah ke sini.

"Kata orang-orang, masjid ini juga memang sudah ada sejak zaman Belanda. Namun, proses pembangunannya saya belum pernah mendengar ceritanya dari warga hanya pindah gitu saja," terang Wasil. (RF).

Berita Terkait Peristiwa

No comments: