"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Friday, 21 February 2020

Puluhan Pelajar MTsN 2 Belajar UDD di PMI Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan pelajar dari PMR Madya MTsN 2 Jember, Jumat (21/2/2020) belajar ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Jember di Jalan Srikoyo 115 Jember.

Kedatangannya diterima oleh pengurus dan petugas PMI Kabupaten Jember. Dengan didampingi satu fasilitator dan empat guru. Disamping melihat langsung, para pelajar ini juga belajar tentang proses donor darah sampai pengolahan darah didampingi petugas UDD PMI.

Mereka juga mendapatkan materi tentang donor darah, kepalangmerahan, sejarah PMI secara singkat dan sejarah donor darah, termasuk  prosesnya. "Donor darah ada prosedur tetapnya dan dilakukan petugas yang berpengalaman," kata wakil kepala UDD Sukaryo.

Kabid Pelayanan UDD PMI Atin Mahatma kenalkan jenis golongan darah, tahapan donor, proses pendaftaran sampai pengambilan darah, dan pengenalan laboratorium. "Hasil donor darah masih akan diuji sharing dulu, diproses kemudian disimpan dialat penyimpan yang modern" jelasnya.

Menurutnya, belum tentu semua darah hasil donor darah digunakan. Darah yang sehat yang disimpan untuk selanjutkan ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan."Sedangkan darah yang rusak akan dimusnahkan diincenerator," ujarnya.

Proses donor darah atau pengambilan darah tidak hanya di UDD PMI Jl Srikoyo saja."pelayanan donor darah juga dilakukan di markas PMI Jl Jawa 57 Juga di Klinik Pratama PMI di Jubung pada Hari Senin sampai Jumat mulai pukul 8.30 sampai pukul 14.00," imbuhnya.

Sedang, Kasubag logistik UDD PMI Ninuk menjelaskan tentang alur masuknya barang. Kemudian cek kadaluarsa, barang masuk. Juga menjelaskab tentang suhu penyimpanan. Termasuk  mengenalkan alat alat logistik.Terakhir menjelaskab tentang sistem penyimpanan di logistik. (hms).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: