"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Monday, 18 May 2020

PMI Beri Reward Lembaga yang Aktif Kerahkan Pendonor Selama Pandemi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. PMI Kabupaten Jember memberikan reward secara khusus kepada TNI yang telah mengerahkan pendonor selama pandemi Covid-19. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH kepada Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH didampingi sejumlah pengurus PMI berkunjung ke penerima penghargaan. Pertama ke Mapolres. Kemudian ke Kodim 0824 Jember yang diterima Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Dilanjutkan memberikan penghargaan kepada RS Baladhika Husada Jember yang diterima langsung oleh kepalanya Letkol Ckm dr Maksum Pandelima SpOT. Terakhir ke Komandan Yonarmed 8/105 Trk Jember Letkol Arm Ferdian Primadona. Hari ini akan dilanjutkan memberikan penghargaan ke lembaga lainnya. Yaitu ke Brigif IX Jember, Secaba Rindam V Brawijaya dan ke Bank Indonesia.

“Penghargaan ini kami berikan atas dedikasi, komitmen dan kontribusi TNI, Polri dan lembaga lain yang aktif mengerahkan pendonor selama pandemi Covid-19,” kata ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal MarzukI SH MH. Sebab, sambungnya, selama pandemi Covid-19 jumlah pendonor turun drastis. Sedangkan kebutuhan darah dari rumah sakit-rumah sakit tidak banyak perubahan.

Zaenal Marzuki menambahkan respon aktif dari sejumlah kesatuan TnI dan Polri serta Bank Indonesia membuat jumlah pendonor ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember terjaga. “Kita tidak sampai mengalami kekurangan stok darah selama pandemi Covid-19,” terangnya.

Dia menjelaskan, sejuimlah kesatuan TNI dan Polri sangat membantu menambah stok darah selama pandemi Covid-19. Banyak anggota TNI dan Polri yang dikerahkan untuk ikuit donor darah dengan protokol pencegahan Covid-19. “Alhamdulillah, kami terima kasih sekali kepada para komandannya dan anggotanya yang perduli untuk ikut donor darah,’ terangnya.

Dalam kondisi normal, dalam satu bulan dibutuhkan 3500 kantong darah. Di mana 3000 untuk kebutuhan Jember sendiri dan 500 untuk jejaring. Kini, sambungnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PMI Kabupaten Jember menargetkan menyediakan 4500 - 5000 kantong darah. Namun demikian diupayakan bisa tembus 6000 kantong darah. Guna memenuhinya, PMI Jember saat ini keliling kecamatan setelah salat taraweh untuk melakukan donor darah. Selain juga penyemprotan disinfektan, fogging dan pelayanan lainnya. (*)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: