"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Saturday, 2 May 2020

Pria di Jember Ini Ciptakan Mesin Asap Cair Sekaligus Untuk Pengasapan Ikan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ir. Sumarno, berhasil mengkombinasikan teknologi mesin Asap Cair (liquid smoke) metode terbuka berbahan tempurung kelapa sekaligus untuk pengasapan ikan.

Mesin asap cair dengan metode terbuka merupakan ilmu iklim (teori angin) yang diterapkan pada sistem mesin, karena adanya beda tekanan udara pada bagian atas dan bagian bawah, sehingga terjadi hembusan udara.

Mesin semi modern atau yang terbarukan ciptaannya ini diyakini sebagai satu-satunya mesin yang mengkombinasikan antara mesin Asap Cair dengan pengasapan ikan dalam satu rangkaian mesin, bahkan masih pertama dan belum ada di Indonesia.

Pria paru baya asal Kabupaten Jember Jawa Timur ini mengaku bahwa mesin kombinasi asap cair dan pengasapan berkapasitas 1 kwintal ikan ciptaaanna ini mampu mempruduksi paling tidak dua kwintal ikan kualitas baik (super) dalam sekali proses selama tujuh jam.

“Dalam sekali proses satu mesin ini bisa menghasilkan 4 prodak sekaligus, yaitu asap cair hitam dan minyak ikan (omega 3 dan 6) masing-masing 6.5 liter,  2 kwintal Ikan Asap dan 4.5 kg arang aktif”, Jelasnya  kepada majalah-gempur.com, Sabtu (2/5/2020).

Untuk Jenis ikan yang bisa diasap, katanya, banyak sekali seperti ikan Gabus (kutuk), ikan lele, ikan kakap, ikan kerapuh, udang, dan sebagainya. Fungsinya sebagai pengawet alami, tidak akan busuk meski disimpan berbulan bulan, jadi ikan asap ini tidak perlu di es lagi.

Produk yang dihasilkan berkualitas, karena asap yang digunakan sudah difilter, lantaran cairan ter yang berbahaya bagi kesehatan sangat minimal sekali. Disisi lain Produk –produk mesin ini sangat berkompetitif, karena mesin ini tidak ada biaya bahan bakar/ bahan baku sekaligus bahan bakar

“Ikan asap dari tempurung kelapa ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung phenolic, yang mampu mengendalikan jantung, menekan pertumbuhan sel kangker, diabetes dan menurunkan kolestrol”, lelas mantan dosen Universitas Abdurrachman Sholeh Situbondo ini.

Ikan ini juga diyakini bisa menangkal Corona karena dalam asap tempurung kelapa ini mengandung penolit (anti virus)  yang jika mengkunsumsi bisa  mengatasi virus. “Hasil penelitian, asap tempurung kelapa mengandung senyawa fenol, yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur sehingga dapat digunakan sebagai pengawet maupun disinfektan”, lanjutnya.

Sementara untuk minyak ikan yang dihasilkan diantaranya omega 3 dan 6 ini sangat baik jantung, kaya akan gizi, protein tinggi. Bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dan arang aktif untuk pembersih air. (eros).

Berita Terkait Industri

No comments: