"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 19 August 2020

Dekranasda Jember Dorong UKM Dan IKM Manfaatkan Media Digital

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dekranasda kabupaten Jember terus berupaya agar produk kerajinan UKM dan IKM tetap bisa dipasarkan secara baik pada masa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini berdampak terhadap usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) terutama yang bergerak dibidang kerajinan. Agar produk mereka memiliki daya jual yang tinggi, salah satunya melalui digitalisasi.

“Agar tetap bisa berjalan dengan model secara daring,” kata Ketua Dekranasda Jember, Hj. Maimunah Muqit, usai Munas virtual Dekranas bertema “Segi Positif Pandemi Covid-19, Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajianan Menuju Industri 4.0.” Rabu, (19/8/2020).

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah (Dekranasda) kabupaten Jember sudah melakukan pembinaan ke desa-desa yang memang memiliki sentra kerajinan. Seperti di Kecamatan Silo dengan produk kerajinan yang terbuat dari bambu.

Beberapa kendala yang dihadapi para pelaku usaha kecil bidang kerajinan. Diantaranya kekurangan alat produksi, promosi, dan modal. Khusus promosi di wilayah yang tak terjangkau sinyal, perlu ada layanan yang bekerjasama dengan Telkom, agar produknya bisa dipasarkan secara digital.

Menurut Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin, pandemi ini jadi momentum  memanfaatkan teknologi digital. “Dorong pengrajin melakukan inovasi pemasaran memanfaatkan platform online, agar dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas,” terangnya.

Untuk itu, perlu difasilitasi mulai peningkatan kualitas desain, kemasan, dan branding sesuai selera pasar, sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global untuk mendukung program pemerintah tentang gerakan nasional melalui kampanye bangga buatan Indonesia. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

2 comments:

Andihenry said...

Peluang usaha ada dgn penjualan ekspor, tetapi sampai saat ini pemerintah jember belum ada perhatian, ada ekonomi kreatif di bidang teknologi pengolahan kapuk randu, kunjungi channel youtube, andihenry dgn judul " machine kapuk part 1, machine kapuk part 2

Andihenry said...

Peluang industri dengan pasar ekspor ada denfan adanya krearifitas dibidang teknologi pengolahan kapuk randu namun masih belum ada perhatian dari pemerintah, kunjungi channel youtube andi henry judul " machine kapuk part 1, dan machine kapuk part 2