Translate

Iklan

Iklan

Dekranasda Jember Dorong UKM Dan IKM Manfaatkan Media Digital

8/19/20, 19:00 WIB Last Updated 2020-08-19T18:02:44Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dekranasda kabupaten Jember terus berupaya agar produk kerajinan UKM dan IKM tetap bisa dipasarkan secara baik pada masa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini berdampak terhadap usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) terutama yang bergerak dibidang kerajinan. Agar produk mereka memiliki daya jual yang tinggi, salah satunya melalui digitalisasi.

“Agar tetap bisa berjalan dengan model secara daring,” kata Ketua Dekranasda Jember, Hj. Maimunah Muqit, usai Munas virtual Dekranas bertema “Segi Positif Pandemi Covid-19, Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajianan Menuju Industri 4.0.” Rabu, (19/8/2020).

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah (Dekranasda) kabupaten Jember sudah melakukan pembinaan ke desa-desa yang memang memiliki sentra kerajinan. Seperti di Kecamatan Silo dengan produk kerajinan yang terbuat dari bambu.

Beberapa kendala yang dihadapi para pelaku usaha kecil bidang kerajinan. Diantaranya kekurangan alat produksi, promosi, dan modal. Khusus promosi di wilayah yang tak terjangkau sinyal, perlu ada layanan yang bekerjasama dengan Telkom, agar produknya bisa dipasarkan secara digital.

Menurut Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin, pandemi ini jadi momentum  memanfaatkan teknologi digital. “Dorong pengrajin melakukan inovasi pemasaran memanfaatkan platform online, agar dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas,” terangnya.

Untuk itu, perlu difasilitasi mulai peningkatan kualitas desain, kemasan, dan branding sesuai selera pasar, sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global untuk mendukung program pemerintah tentang gerakan nasional melalui kampanye bangga buatan Indonesia. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dekranasda Jember Dorong UKM Dan IKM Manfaatkan Media Digital

Terkini

Close x