"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Tuesday, 11 August 2020

Pemerintah Salurkan KUR Peternakan 50 Miliar ke Bondowoso

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dalam rangka percepatan ekonomi petani, Pemkab Bondowoso bareng Bank Indonesia launching penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) peternakan.

Sosialisasi KUR ini khusus bagi para peternak domba dan sapi. “Informasi ini sangat bermanfaat bagi petani dan nanti kita akan dapat jatah 50 M yang kita akses dari pertanian. Kata Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso Irwan Bachtiar, di Pemkab Bondowoso, Selasa (11/8/2020). 

Mekanismenya pinjaman pembiayaan kegiatan pembibitan dan penggemukan domba kambing untuk para petani ini, lanjut Wabup Irwan Bachtiar dilalukan melalui pola kemitraan (klasterisiasi) dan KUR dari perbankan. Sistem pembiayaannya ada off taker klaster ini untuk peternak.

"Off takernya Sudah ditunjuk oleh BNI dan BNI akan menunjuk Off  Takernya avalist (Penjamin)  Ikatan Koperasi Berjikari (IJB)  yang akan sebagai off taker atau sebagai penyalur, Peran dari Pemkab  sendiri sebagai fasilitator," Ujar pria yang akrab disapa Irwan ini

Di Jawa Timur ada 300. 000 ton ternak yang diekspor ke luar negri, karena dana dari pusat 50 triliun itu baru diserap hanya 10 triliun. Harapan presiden kuota untuk  para petani ini terserap dalam rangka pandemi Covid-19 ini dan dalam rangka konfre ekonomi" tandasnya (edi).

Berita Terkait Pertanian

No comments: