Translate

Iklan

Iklan

PMI Jember Bagi bagi masker dan Semprot Disinfektan di TPI Puger

10/14/20, 20:13 WIB Last Updated 2020-10-14T13:13:07Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk menanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di TPI Puger, PMI Jember memfokuskan pada gerakan memakai masker dan penyemprotan disinfektan.

Sebanyak 20 relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jember dikerahkan memberikan sosialisasi akan pentingnya bermasker ditengah pandemi covid-19 saat ini. Pasalnya meski hampir mayoritas nelayan di tempat pelelangan ikan sudah pakai masker, namun ada beberapa yang tidak dipakai.

Sosialisasi pentingnya pakai masker dilakukan melalui alat pengeras suara. "Ibu tolong maskernya jangan hanya dikalungkan saja. Dengan masker kesehatan ibu akan terlindungi," ucap kepala klinik pratama PMI Jember drg Ayu Anggraheni, saat mendatangi satu persatu pedagang ikan.

Dalam kegiatan promosi kesehatan tersebut, relawan juga melakukan pembagian masker pada nelayan dan pedagang ikan yang saat melakukan aktifitas tidak membawanya. "Saya minta satu, tadi lupa tidak membawa," sapa pedagang ikan pada relawan yang melintas didepannya.

Kedatangan relawan disambut antusias oleh masyarakat pesisir pantai puger, mereka meminta masker disela sela relawan memberikan sosialisasi PHBS PMI Jember. Berjalan kaki mengelilingi area tempat pelelangan ikan yang dipenuhi oleh ratusan pedagang ikan dan nelayan, relawan terus sosialisasi agar kesadaran masyarakat meningkat.

"Mari bapak ibu semua yang ada disini, ikut serta melakukan pencegahan penyebaran covid-19, salah satunya memakai masker selain juga membiasakan cuci tangan sehingga kita tetap sehat," tegas relawan PMI Jember.

Ditempat yang sama, PMI Jember juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat pelelangan ikan puger. Penyemprotan dengan menggunakan armada truk yang membawa 1100 liter cairan teraebut dikhususkan untuk lokasi pelelangan ikan.

Jalan seputar TPI, tempat parkir, kios pedagang ikan dan penampungan ikan segar, satu persatu disemprot disinfektan. "Selain membagi masker kepada  pedagang dan masyarakat, PMI juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan," tutur Ketua PMI Jember, E.A Zaenal Marzuki.

Proses penyemprotan dilakukan relawan pada siang hari ketika kondisi tempat pelelangan ikan di puger sepi dari aktifitas pedagang dan nelayan. Dengan seperti ini, ikan segar hasil tangkapan nelayan puger tetap bersih dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. (hms/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMI Jember Bagi bagi masker dan Semprot Disinfektan di TPI Puger

Terkini

Close x