"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Saturday, 6 February 2021

Menunggu Panen Padi Tiba, Pemuda Desa Jember ini Rame-rame Memancing Ikan

Jamber, MAJALAH-GEMPUR.Com. Aktifias Mancing sepertinya sudah menjadi hobi musiman bagi para pemuda dan masyarakat di Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu, Jember.

Hobi mancing ini biasyanya muncul di saat musim penghujan, dimana  sejumlah persasawahan sudah ditanami padi, untuk memanfaatkan waktu luang sambil menunggu panen padi tiba,  mereka memanfaatkan waktu luang itu untuk memancing di sawah atau disungai.

"Mancing ini untuk hiburan, daripada Gabut (tidak ada kerjaan; red Jawa) dirumah, sebab pekerjaan di sawah sudah habis, karena sudah ditanami padi ," Ujar Bayu Maulana, salah-satu pemancing di Sungai Sumur Gemuling Dusun Curahrejo Desa Sumberrejo. Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, aktifitas itu biasanya dilakukan hingga panen padi. Apalagi saat  ini kondisnya sedang paceklik dan tidak ada pekerjaan akibat Pandemi Covid-19. "Kalau padi baru ditanam, tidak ada pekerjaan, jadinya biasanya mancing sampai musim panen tiba," jelasnya.

Bayu menjelaskan memancing  ini sudah jadi hobby dan melatih dan belajar kesabaran. "Karena mennunggu umpannya dimakan ikan itu butuh kesabaran, apalagi waktu dimakan (digondol: Red Jawa) dan kemudian ditarik, sensasinya itu lho tiada duanya," Tuturnya

Hal itu juga disampaikan Abi. Menurutnya kalau sudah menjadi hobby tidak peduli panas dan hujan atau panas. "Tidak mikir rugi, istri ngambek (Moren : Red Jawa) tetap berangkat, jenis ikan yang diperoleh selama memancing antara lain Wader, betek dan Melem," Tandasnya. (naw).

Berita Terkait Hiburan

No comments: