Translate

Iklan

Iklan

Ketua PMI Jember Minta Warga Waspada Penipuan Mendapatkan Plasma Konvalesen

8/20/21, 14:46 WIB Last Updated 2021-08-20T07:46:14Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19 yang sedang dirawat dirumah sakit diminta mewaspadai penipuan pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan menawarkan menyediakan plasma konvalesen atau PK.

Karena tingginya permintaan dan menghindari berbagai modus penipuan oleh pihak-pihak yang akan mengambil keuntungan mengatasnamakan PMI Jember, pihak keluarga diminta agar konfirmasi atau mendatangi langsung kantor UDD PMI Jember.

“Ada tiga alur permintaan PK dari RS ke PMI. 1 membawa formulir permintaan darah ditandatangani dokter penanggungjawab pasien (DPJP) dari RS tempat pasien dirawat dengan membawa sampel darah pasien”, jelas Ketua PMI Jember, EA. Zaenal Marzuki, SH, MH, Jumlat (20/8/2021).

Menurut Zaenal, setiap kebutuhan PK dari Rumah Sakit (RS) dapat dipenuhi oleh UDD PMI yang memiliki persediaan sesuai dengan kebutuhan rumah sakit yang membutuhkan (bila antar regional akan dikomunikasikan dengan UDD Pusat).

UDD PMI yang letaknya jauh dapat memenuhi permintaan dengan berkoordinasi pada UDD PMI regional terdekat untuk dipenuhi permintaan PK. Pengiriman dilakukan antar UDD. Dan permintaan dari RS akan dilayani UDD PMI Jember yang memiliki Kerjasama atau MoU dengan rumah sakit.

Kedua, Keluarga pasien bisa datang ke UDD PMI dengan membawa donor pengganti dan menyertakan surat permintaan Plasma dari RS. "Ketiga, keluarga pasien Datang langsung membawa surat permintaan dari RS jika stok darah plasma konvalesen tersedia di PMI Jember," jelasnya.

Zaenal Marzuki juga menjabarkan penetapan biaya pengganti penyediaan plasma konvalesen didasarkan surat edaran PMI Pusat nomor 023/SK/PP PMI/III/2021 tertanggal 31 Maret 2021 tentang biaya pengganti penyediaan plasma konvalesen.      

"Untuk biaya pengganti dari seluruh yang dikeluarkan mulai dari  operasional seleksi donor hingga distribusi darah plasma konvalesen sesuai ketetapan sebesar Rp 2 juta - 2,5 juta persatu kantong @200 ml,"pungkasnya.

Hal itu dilakukan menyusul maraknya permintaan PK melalui medsos atau whatsapp, PMI terus aktif menghimbau masyarakat agar melakukan konfirmasi langsung kepada PMI Jember yang mengajukan permintaan plasma konvalesen sebagai terapi tambahan bagi pasien Covid-19, yang mengandung anti bodi SARS-CoV-2 dan berasal dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Berdasarkan data dan sarana layanan plasma konvalesen di UDD PMI Jember sejak  3 Juli 2021 sampai 17 Agustus 2021 tercatat, Alat yang telah dimiliki berupa Mesin Apheresis merk Haemonetics 1 (satu) unit kapasitas 8 orang pendonor/hari yang dibeli secara kredit mandiri PMI Jember.

Jumlah pendonor 205 Orang, Produksi 670 Kantong, Terlayani 574 Orang. Antrian Pasien/Belum terlayani 20 Orang. Antrian Calon Pendonor/Penyintas 37 Orang, Pasien Terlayani Diluar Kabupaten 120 pasien yaitu Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Surabaya, dan Pare. (hms/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua PMI Jember Minta Warga Waspada Penipuan Mendapatkan Plasma Konvalesen

Terkini

Close x