Translate

Iklan

Iklan

Yonif 509 Jember Tabur Bunga dan Berbagi Sembako ke Desa Terpencil

9/16/21, 18:19 WIB Last Updated 2021-09-16T11:19:11Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74, Jajaran Yonif Raider Kostrad 509/ Balawara Yuda bersama jajaran dan Ibu-ibu Persit ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) dan berbagi Sembako kepada warga terpencil.

Tabur bunga ke makam pahlawan Letkol dr Soebandi, mantan Danyonif Brigjen TNI Jaffioedin, mantan anggota Raider yang gugur di Aceh Kopral TNI Supraun dan  sejumlah pahlawan revolusi serta  pahlawan nasional dipimpin Danyonif Kostrad Letkol Inf Syafrinaldi.

Tampak Danyonif Raider Kostrad 509/BY, didampingi ketua Persit Ny Ratih Amelia Caniogo, berdiri cukup lama sambil merundukan kepala memanjatkan doa untuk sosok yang telah berjasa bagi bangsa dan negara, kemudian diakhiri dengan pemberian hormat.

“Ziarah ini wujud Prajurit menghargai dan menjunjung tinggi jiwa korsa pejuang kemerdekaan dan mengenang jasa pahlawan agar kita bisa memetik jiwa juang para pahlawan yang gugur untuk bangsa dan negara” kata Danyonif Letkol Inf Syafrinaldi usai tabur bunga Kamis (16/9/2021).

Selain melakukan tabur bunga di sejumlah makan pahlawan juga dilaksanakan bagi-bagi paket sembako sebanyak 50 paket kepada warga desa terpencil  yang berada di dusun Blater (Teratai pagar gunung), Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Jember.

Menurut pria lulusan Akmil tahun 2002 ini bahwa  sejumlah kegiatan dalam rangkain hut ke 74, diantaranya yaitu  ziarah dan tabur bunga  ke berbagai tempat TMP Patrang dan TMP Ambulu serta ke pagar gunung tempat cikal bakal lahirnya Yonif Raider Kostrad 509/BY,.

"Sebagai prajurit harus mengetahui sejarah Cikal bakal berdirinya Yonif Raider 509 Kostrad didalam wilayah karesidenan Besuki terdapat 2 batalyon Alap-alap dipimpin oleh Mayor Mochamad Seruji dan Batalyon Garuda putih dipimpin oleh Mayor Syaifudin, " jelasnya.

Kedua batalyon terlibat perang sengit, namun dapat dipatahkan. "Pada 17 September 1947, di desa Curahnongko, Tempurejo,  kedua Batalyon digabungkan menjadi satu dengan nama Gorila VIII, peristiwa itu diperingati sebagai hari jadi Yonif Raider 509 Kostrad, " katanya.

Camat Tempurejo Rachman, berterima kasih kepada Yonif 509. “Pemberikan sembako pada warga desa hutan di dusun Blater (pagar gunung) Ini bukti TNI bersama rakyat jaya. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban dimasa sulit karena pandemi ini," katanya. (wht).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yonif 509 Jember Tabur Bunga dan Berbagi Sembako ke Desa Terpencil

Terkini

Close x