Translate

Iklan

Iklan

Komika Jember; Stand Up Comedy Tidak Sekedar Lucu-lucuan Juga Meningkatkan Literasi

2/19/22, 18:06 WIB Last Updated 2022-02-21T10:56:54Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Keberadaan Stand Up Comedy, tidak hanya sekedar untuk hiburan atau lucu-lucuan saja, tetapi juga untuk meningkatkan literasi dan daya bacanya.

Disamping itu juga untuk meningkatkan kesadaran pemirsa agar peka,  peduli dan sebagainya. Untuk itu para komika dituntut untuk menulis dan meriset segala sesuatu. Sebab hal itu yang akan menentukan kualitas materi yang di sampaikan, meskipun akhirnya nanti menjadi lucu.

"Ini sangat penting, karena orang Indonesia hari ini masih minim baca, itu yang ingin sampaikan kepada semua orang, supaya minat membaca dan menulis," kata Rizky Zulkarnaen ,atau dikenal Rizky Beibir Stand Up Komedi asal Jember kepada media ini, Sabtu (19/2/2022)

Nominator 10 besar Suca dua Indosiar ini memaparkan bahwa jika materi diungkapkan dengan cara serius akan membosankan, orang tidak akan tertarik.  "Tetapi jika dengan cara lucu, orang pasti akan lebih tertarik, karenanya seorang Stand Up dituntut jadi Publik Speaking yang baik," katanya.

Alumni Universitas Muhammadiyah Jember ini menjelaskan bahwa ilmu yang terkandung di Stand Up komedi, kata Rizky dapat diterapkan di semua lapisan masyarakat."Bahkan kalau di Bandung, para Stand Up komedian, dari Dosen, ada yang pilot juga," kata  nya

Materi yang di disampaikan para Stand Up, biasanya berupa keresahan dalam kehidupan sehari-hari, namun para penonton tidak akan tahu kalau sedang curhat. "Ayo belajar Stand Up, agar temen-temen bisa merasakan, tetapi curahan hati kita bisa di terima dengan baik," tandasnya

Informasih yang dihipun media ini bawa komunitas Stand upindo Jember sudah digagas sejak akhir Tahun 2014 silam. Seni pertunjukkan komedi yang dilakukan oleh satu penampil (One man show) atau yang biasa disebut komika sudah beberapa kali dilakukan audisi maupun kompetisi.

Peserta yang berkompetisi tidak hanya diperlombakan. Mereka juga diberi arahan tentang bagaimana membuat materi stand-up comedy layaknya para komika profesional. Selain itu, para peserta juga akan didampingi oleh mentor yang sudah berpengalaman. 

Kegiatan lain yang sudah berjalan seperti liga di Lippo Plaza Jember. Sebelumnya, juga sudah melakukan beberapa kompetisi di Cafe Tebing, Taman Botani Sukorambi (TBS), bahkan sebelumnya juga telah digegelar di kafe kolong dan sebagainya.  

Untuk mengasah otak komika, terbaru stand Upindo Jember, disuport Lippo Palaza Jember gelar #jembercanda di kafe langit hotel lestari Jl. Gajahmada 233 Kaliwates Jember, sabtu, 12 Pebruari 2022 dan tanggal 19 Pebruari 2022 start jam 19.30 wib nanti malam. (naw/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komika Jember; Stand Up Comedy Tidak Sekedar Lucu-lucuan Juga Meningkatkan Literasi

Terkini

Close x