Translate

Iklan

Iklan

Produksi Gula PTPN X Tahun 2022 Ini Berhasil Lampaui Target

10/27/22, 22:05 WIB Last Updated 2022-10-27T15:05:07Z


Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna mendukung terwujudnya Program Strategis Nasional yaitu Revitalisasi Industri Gula Nasional. Tahun 2022 ini PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X telah menunjukkan prestasi terbaiknya dengan peningkatan produksi yang membanggakan.

Dari target jumlah giling 4,2 Juta ton, hingga 24 Oktober 2022 telah terlampaui yaitu sebanyak 4,46 Juta Ton. PTPN X juga berhasil mencatatkan prestasi di sisi luas areal tanam tebu, produktivitas, dan jumlah produksi gula total dibanding empat tahun terakhir.

Pencapaian target produksi Gula Nasional di tahun 2022 ini, merupakan dukungan nyata PTPN X untuk mendukung Ketahanan Pangan Nasional melalui target peningkatan produksi gula menjadi 2,6 Juta ton pada tahun 2030.

“Untuk angka rendemen, PTPN X optimis mampu memenuhi target sesuai RKAP meskipun di Musim La Nina.  Data 24 Oktober 2022, luas areal tanam mencapai 52.676 Ha dengan produktivitas 84,6 Ton/Ha dan jumlah produksi gula 307.124 Ton,” terang Direktur PTPN X Tuhu Bangun. Kamis (27/10/2022).

Untuk itu berbagai upaya dilakukan mulai perluasan Tebu Sendiri (TS), Pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD), hingga pemenuhan saprodi. Target perluasan lahan Tahun ini 422 Ha melalui program Agroforestry dan 535 Ha melalui Kerjasama Usaha dan Sewa Lahan. “Adanya penambahan lahan TS ini akan meningkatkan jumlah pasok tebu juga ke pabrik gula milik PTPN X,” jelasnya.

Upaya selanjutnya yaitu melalui pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD), dengan cara menambah sarana pendukung tebangan, pemberian program-program pendukung untuk petani, meningkatkan keterikatan dengan petani melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan penerapan Sistem Pembelian Tebu (SPT) berbasis kualitas.

Upaya peningkatan produktivitas tebu dan rendemen melalui pemberian subsidi benih dan introduksi varietas baru di pabrik gula, penjaminan pupuk Tebu Rakyat (TR) melalui Program Makmur bersinergi dengan Petrokimia Gresik, dan memperbaiki manajemen Tebang-Muat-Angkut (TMA).

Pada aspek finansial adalah manajemen PTPN berupaya terus menjaga dan menata ketersediaan biaya (cash flow) dengan tetap mempertimbangkan arahan dari Holding Perkebunan PTPN III (Persero) sebagai induk perusahaan. “PTPN X berkomitmen memenuhi kewajiban yang menyangkut pendanaan terutama dalam hubungan dengan mitra strategisnya,” lanjutnya.

Upaya-upaya di sisi on farm itu didukung dengan persiapan SDM di seluruh unit kerja. SDM ini meliputi internalisasi core value AKHLAK dan planters tangguh. Salah satunya melalui program Pembinaan Mental bagi seluruh karyawan di segala lini sebagai persiapan menyambut Musim Giling Tahun 2022.

PTPN X juga mengelola SDM secara lebih profesional, kompetitif, berbasis kompetensi (core competency) dan kinerja melalui penerapan career planning yang bersifat crossing antar bagian.

Selain itu, PTPN X juga memperhatikan aspek sosialnya karena sebagai bagian dari BUMN, PTPN X berkewajiban memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar wilayah kerjanya melalui kegiatan  CSR-nya. Contoh kegiatan CSR yang telah dilakukan adalah pemberian bantuan Drone Sprayer dan  Bed Dryer kepada petani, perbaikan saluran irigasi, perbaikan jalan, hingga bantuan kepada yayasan di sekitar unit kerja.

Guna memastikan seluruh perencanaan dan upaya pencapaian target, Direktur PTPN X, Tuhu  Bangun bersama Board of Management melakukan supervisi secara langsung ke lapangan. Melalui  supervisi ini, Tuhu Bangun juga berdiskusi dengan karyawan untuk memahami permasalahan yang dihadapi di lapangan, sekaligus memberikan motivasi dan solusi agar proses giling dapat berjalan lancar.

Tuhu Bangun optimis dengan seluruh upaya tersebut, PTPN X dapat melampaui seluruh target tahun 2022, dengan dukungan pembiayaan dari Holding Perkebunan PTPN III (Persero). Ketercapaian target tersebut akan membawa PTPN X berkontribusi terhadap Program Swasembada Gula Nasional. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Produksi Gula PTPN X Tahun 2022 Ini Berhasil Lampaui Target

Terkini

Close x