Translate

Iklan

Iklan

Peringati HUT ke 73, PMR Se Jember Memproduksi 1000 Liter Eco Enzyme Ramah Lingkungan

2/23/23, 21:14 WIB Last Updated 2023-02-23T14:14:14Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekitar 25 Palang Merah Remaja (PMR) se Jember punya cara unik untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 yang jatu pada 1 Maret 2023,  dengan memproduksi Eco Enzyme ramah lingkungan1000 sebanyak Liter.

Eco Enzyme adalah hasil fermentasi limbah organik dapur jadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. Manfaat ekoenzyme untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, dan dapat menurunkan efek rumah kaca.

Seekolah itu, maing-masing  yaitu PMR WIRA SMA Negeri Arjasa  distrik 5,  PMR WIRA SMAN Kalisat distrik 5, PMR WIRA SMAN Pakusari distrik 4,  PMR MAN 2 Jember,  PMR SMPN 9 Jember  PMR MADYA SMPN 1 Jember. PMR WIRA SMK 4 Pancasila Ambulu dan PMR MADYA SMPK Santo Petrus Jember.

Kemudian  PMR WIRA SMAN 3 Jember,  PMR WIRA unit SMAK Santo Paulus Jember,  PMR Madya SMPN 10 Jember,  PMR WIRA SMAN 1 Kencong distrik 2,  PMR WIRA SMKN 2 Jember,  PMR WIRA SMAN 2 Jember,  PMR WIRA SMAN 1 Jember,  PMR WIRA SMAN 1 Kencong,  PMR WIRA SMKN 4 Jember,  PMR WIRA SMKN 6 Jember, PMR WIRA SMA 1 Tanggul, PMR WIRA MAN 3 Jember,  PMR WIRA SMK PGRI 5 Jember, PMR WIRA SMAN Jenggawah,  PMR Wira ponpes Nuris serta PMR Wira SMA Negeri 5 Jember.

Menurut Kabid Pelayanan Markas PMI Jember Elvana Kusdijanto, yang sudah membuat eco Enzyme salah satunya dilaksanakan oleh Forpis distrik 2, PMR dari SMAN 1 Kencong, SMAN 1 Umbulsari, SMA Balung , MAN 3 Jombang Jember , SMK PGRI kencong, SMK Darul Muqomah.

Pembuatan tersebut dilakukan serentak di sejumlah sekolah masing-masing dapat bekerja sama dengan ekskul lain yang ikut juga peduli dengan Lingkungan. Namun karena di awal Maret sebagian sekolah ada kegiatan ujian, maka untuk pembuatannya disesuaikan dengan jadwal latihan rutin.

“Apabila ada 25 unit Palang Merah Remaja (PMR) yang ikut maka per unit bisa membuat kira- kira lima galon air. Untuk lima unit galon tersebut tidak harus dikerjakan pada 1 Maret, tetapi lebih baik dibuat sebelum nya,” Jelasnya. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati HUT ke 73, PMR Se Jember Memproduksi 1000 Liter Eco Enzyme Ramah Lingkungan

Terkini

Close x