Translate

Iklan

Iklan

PTPN X Optimis Optimalisasi Aset Melalui Sitem ‘BULE’ Tebu-Kedelai Akan Berhasil

2/14/23, 23:56 WIB Last Updated 2023-02-14T16:56:19Z


Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com.  PT Perkebunan Nusantara X  meningkatkan efisiensi pemanfaatan lahan tebu sekaligus meningkatkan produksi kedelai melalui pilot project tumpang sari (intercropping) Tebu–Kedelai dengan Sistem BULE (Tebu-Kedelai).

Upaya optimalisasi aset ini merupakan inisiasi Holding PTPN lll bersama Kementrian BUMN. “PTPN Group bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Institut Pertanian Bogor (IPB) “ kata Direktur PTPN X Tuhu Bangun dalam rilis yang diterima redaksi Selasa (14/2/2023).

Menurut Kepala Bagian Operasional PTPN X untuk PTPN X Febri Ari Marpaung  bahwa ada 210 ha yang akan ditanami. Tahun ini merupakan tahun ke 2 untuk proses pengembangan tebu kedelai (BULE) tahun kemarin sebagai proses demoplot sekitar 10 ha.

“Tahun ini ada 3 varietas kedelai yang yang akan ditanam adalah Dena 1, Dering 1, dan Detap 1. Ada 2 wilayah untuk penanaman yaitu di kabupaten Kediri yang diawali tanam seluas 10 ha pada 9/2/2023  " tutur Febri pada Senin 13/2/2023.

Untuk pembibitan PTPN X menggandeng dinas Pertanian kabupaten Kediri dengan harapan dapat mensinergikan BUMN dengan Pemerintahan."Kedepannya kita akan menjual benih kedelai ini untuk segmentasi di pasar Indonesia sesuai harapan pemerintah kita bisa mendukung swasembada kedelai di Indonesia dengam memanfaatkan lahan-lahan HGU " ujarnya .

Harapannya tahun 2023 apa yang dibebankan pada PTPN X bisa terlaksana dengan baik ."Dengan spinoff ini PTPN X yang selama ini hanya mengelola onfarm  diharapkan bisa tumbuh dan berkembang , berkelanjutan dan memberikan laba "  pungkasnya. (*).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PTPN X Optimis Optimalisasi Aset Melalui Sitem ‘BULE’ Tebu-Kedelai Akan Berhasil

Terkini

Close x