Translate

Iklan

Iklan

Mantan Ketua KSR PMI Unit Unej; 30 Tahun Bersama PMI Merupakan Perjalanan Hidup Penuh Makna

9/12/23, 22:11 WIB Last Updated 2023-09-12T15:11:11Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Saya adalah seorang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang tergabung di Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas Jember (Unej) sejak 30 tahun lalu.

KSR PMI Unit Unej, diawali dengan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perdana, yang digelar Pramuka Unej kala itu. “Bersyukur kehadirat Allah SWT menunjukkan jalan bahwa melalui PMI, saya belajar banyak hal”. Kata Dian Putra, mengawali kisahnya.

Lebih lanjut mantan Ketum KSR PMI Unit Unej Periode 1996-1997 ini menceritakan bahwa bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan melalui PMI ini tidak hanya berguna untuk masa depannya saya, tetapi juga berguna untuk kehidupannya hingga saat ini.

“Saya belajar tentang prinsip-prinsip kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Prinsip-prinsip ini telah membentuk pola pikir saya menjadi lebih empatik, toleran, dan mandiri” katanya kepada sejumlah awak media Selasa (12/9/2023)

PMI, lanjutnya juga memberikan kesempatan untuk berpikir dan berkarya dalam berbagai bidang. “Saya aktif dalam kegiatan akademis, pengabdian masyarakat, dan bahkan religius. Saya juga berkesempatan untuk meraih tiga sukses yang diajarkan oleh pembina saya. Yaitu sukses akademis, sukses organisasi, dan sukses cari jodoh.”, katanya seraya tersenyum.

Berkat PMI, Ia memiliki pengalaman berharga, menghadapi berbagai situasi, kondisi hingga berbagai level birokrasi, dari petugas koperasi, bupati hingga menteri. “Saya pernah menjadi relawan pasca tsunami Banyuwangi, menang invitasi PPPK tingkat nasional, kuliah kerja nyata di daerah konflik, terjun langsung ke lokasi bencana, menyelenggarakan kegiatan nasional, piket ambulans operasi lilin, dan penugasan piket P3K”, lanjutnya.

Pengalaman-pengalaman itu. Katanya, telah membentuk dirinya menjadi pribadi yang tangguh dan mampu bertahan hidup dalam berbagai situasi. meski kini Putra tidak lagi berorganisasi secara formal di PMI, dirinya mengaku masih berkontribusi lewat PMI.

“Saya masih aktif dalam kegiatan kemanusiaan, seperti donor darah Apheresis  dan bakti sosial. Saya juga selalu siap untuk membantu PMI jika dibutuhkan. Saya bersyukur telah menjadi bagian dari keluarga besar PMI. PMI telah memberikan banyak hal yang berharga bagi saya. PMI telah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya yang penuh makna.

Untuk itu Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI juga kepada KSR PMI Unit Unej. “Dirgahayu KSR PMI Unit Unej (Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Jember). Selamat Ulang Tahun ke 30 12 September 1993-2023,” katanya mengakhiri ceritanya, (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mantan Ketua KSR PMI Unit Unej; 30 Tahun Bersama PMI Merupakan Perjalanan Hidup Penuh Makna

Terkini

Close x