Translate

Iklan

Iklan

Perkuat Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Direktur Poldagri Gelar Kursus Singkat Pengurus Parpol se-Jember

10/19/23, 14:45 WIB Last Updated 2023-10-19T08:01:20Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Perkuat
ideologi dan wawasan kebangsaan, Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) bekerjasama dengan lemhannas RI Kamis, 19 Oktober 2023 Gelar Kursus Singkat Pengurus Partai Politik se kabupaten Jember, Jawa Tumur.

kegiatan ini, merupakan forum yang tepat dan strategis, dengan hadirnya anggota dan kader Partai Politik di tingkat DPC Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024, sebagai upaya konsolidasi demokrasi guna membangun iklim demokrasi yang kondusif dalam mendukung sukses Pemilu 2024.

“Hal ini dikarenakan Parpol merupakan salah satu institusi demokrasi yang penting dan strategis karena memiliki fungsi, tugas, dan tanggung jawab melakukan rekrutmen politik, baik melalui mekanisme elektoral maupun mekanisme nonelektoral”

Demikian disampaikan Direktur Politik Dalam Negeri Rahmat Santoso, M.Si dalam sambutannya didepan ratusan Pengurus dan Kader Parpol peserta Pemilu 2024 pada acara bertema, “Peran Strategis Partai Politik Dalam Mendukung Ketahanan Nasional” yang digelar di hotel Dafam Fortuna Jember ini.

Sebagaimana amanat Pasal 6A dan 22E Undang- Undang Dasar Tahun 1945, posisi strategis partai politik adalah sebagai sumber pengisian kepemimpinan politik dan jabatan publik. Papol adalah hulu dari sistem politik yang memproduksi kader pimpinan pada lembaga legislatif dan eksekutif yang sangat mempengaruhi dinamika politik, baik secara nasional maupun lokal.

Partai Politik adalah salah satu institusi terpenting yang menjadi pilar bangunan sistem demokrasi perwakilan. Begitu penting dan strategis kedudukan Partai Politik, sehingga sering dikemukakan, tidak ada demokrasi tanpa kehadiran dan peran Partai Politik di dalamnya.

“Secara ideal peran strategis Partai Politik acapkali digambarkan sebagai “jembatan” yang menghubungkan antara pemerintah dan rakyat, sehingga pada akhirnya kebijakan-kebijakan pemerintah berpihak kepada aspirasi dan kepentingan rakyat”, lanjjutnya.

Sebagai pilar utama sistem demokrasi, dibutuhkan partai politik yang solid dan sehat secara organisasi, demokratis, berintegritas, dan terinstitusionalisasi. Oleh karena itu sebagai badan hukum publik yang memiliki fungsi, tugas, dan tanggung jawab konstitusional yang begitu besar, negara wajib hadir memberikan perhatiannya kepada organisasi partai politik melalui program penguatan Partai Politik.

Sebagaimana prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin Tahun 2020-2024, yang jadi salah satu atensi visi pemerintahan adalah “Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul, Berkualitas dan Berdaya Saing”. Terhadap suksesi visi pemerintah itu, parpol sebagai wadah kolektif SDM yang sangat besar tentu harus mendapatkan atensi dalam peningkatan kualitas keberdayaannya.

Inovasi program pemerintah terhadap pemberdayaan Partai Politik harus ditingkatkan, secara kongkrit melalui peningkatan kualitas SDM dan penguatan kapasitas kelembagaan Partai Politik itusendiri. Langkah dan upaya tersebut dilakukan melalui program kursus singkat kerjasama Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum dengan Lembaga Ketahanan Nasional perihal penguatan ideologi dan wawasan kebangsaan dengan sasaran anggota dan kader Partai Politik.

Diharapkan kader-kader Parpol yang nantinya akan menduduki posisi-posisi strategis di Pemerintahan telah terpatri dalam jiwanya setia dan teguh kepada nilai-nilai 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Internalisasi nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan diatas diharapkan juga dapat diimplementasikan kedalam sikap nyata kader Partai Politik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Implementasi ini diharapkan dapat memperkuat Ketahanan Nasional dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat memantapkan rasa cinta tanah air dan pendalaman terhadap nilai-nilai kebangsaan bagi anggota dan kader parpol guna memperkuat ketahanan Nasional, serta menjaga stabilitas politik dan keamanan jelang penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Direktur Poldagri Gelar Kursus Singkat Pengurus Parpol se-Jember

Terkini

Close x