Translate

Iklan

Iklan

Porseni Tingkat MI Provinssi Jatim Berjalan Meriah, Tuan Rumah Banyuwangi Raih Peringakat Pertama

10/19/23, 16:15 WIB Last Updated 2023-10-19T09:18:25Z


Banyuwangi,
MAJALAH-GEMPUR.Com. Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tigkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Provinssi Jawa Timur ke-8 yang di helat di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (18/10/2023) malam diumumkan. Tuan Rumah Banyuwangi Raih Peringakt Pertama.

Tampak para peserta, official, Kepala Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten/Kota, Panitia dan ASN pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi terlihat hadir semua  pada acara yang digelar di aula MAN 1 Banyuwangi.

Kepala Bagian Sekretariat Kantor Wilayah Kemenag Jatim H. Santoso menyampaikan ucapan erima kasih kepada Kemenag, kegiatan terlaksana sangat baik. “Ini Pembukaan Porseni Jatim paling meriah yang pernah ada baru di Banyuwangi ini,” kata mantan Kepala kemenag Banyuwangi.

Kakankemenag Banyuwangi Dr. Moh. Amak Burhanudin, menyampaikan terima kasih untuk panitia, acara  dilaksanakan penuh tanggung jawab dan transparan, dalam bidang seni dilakukan secara streaming,. “Para orang tua yang tidak bisa datang, bisa secara online dari kediamannya,” jelasnya.

Pejabat asal Kediri itu menyampaikan, bahwa tiga sukses yang dilaksanakan dalam Porseni kali ini, yakni Sukses Pra Pelaksanaan, yaitu acara pembukaan yang diikuti ribuan orang dan disiarkan secara langsung melalui saluran youtube Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Sukses pelaksanaan dengan cara memberi rasa nyaman dan aman bagi seluruh kontingen, dan sukses menjadi juara dalam porseni.

"Kontingen Porseni Banyuwangi benar-benar all out dalam menyiapkan diri. yang pada kejuaraan sebelumnya berada di peringkat kelima, pada tahun ini dapat berada di peringkat pertama. Menang tipis dengan Kabupaten Tulungagung yang sebelumya meraih peringkat pertama," papar Amak.

Lanjut Amak, kedua kontingen tersebut pada Porseni ke 8 ini masing masing mendapat 5 juara pertama cabang lomba, dimana kelebihan Banyuwangi adalah adanya 1 juara kedua di salah satu cabang lomba. Sedangkan Tulungagung tidak ada yang berada di juara kedua.

Kontingen Banyuwangi lebih banyak menang dibidang seni, yang pada Porseni sebelumnya juga mendominasi, namun hanya satu yang juga pertama. Pada tahun ini ada 4 cabang dapat diraih, yakni Menyanyi lagu Islami, Baca Puisi, Pildacil bahasa Inggris dan Pildacil Bahasa Indonesia.

"Persiapan dibidang seni ini tidak lepas peran pengurus kontingen yang mempercayakan penggemblengan peserta kepada Dewan Kesenian Belambangan (DKB) dan komunitas Lentera Sastra. Khusus Pidato Bahasa Inggris dimatangkan oleh Pak Aekanu Hariyono, Guide internasional yang menjadi guru para guide di Kabupaten Banyuwangi,'" ucap Amak lagi.

Sementara Kepala Kakankemenag Kota Malang, Achmad Shampton, mengaku puas dan terkesan dengan pelaksanaan Porseni disini. Dengan menggunakan Udeng Khas Banyuwangi yang diberikan Syafaat, Ketua Komunitas lentera Sastra, Gus Shampton di daulat membacakan doa.

Pengasuh Pesantren Nurul Huda Mergosono Kota malang tersebut, bukan pertama kali menginjakkan kaki di Kantor Kemenag Banyuwangi, beberapa tahun lalu ketika dia masih menjabat Kepala KUA sekaligus Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi operator Simkah (FK-OSI) juga pernah mengadakan kegiatan Silaturahim Wilayah FK-OSI Jatim di Kantor Kemenag Banyuwangi. (*)

Diketahui sebelumnya, Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram saat membuka acara Selasa (17/10/2023) malam mengapresiasi Fasilitasi Porseni MI oleh Pemkab Banyuwang dan minta ajang Penggalian Bakat Siswa-Siswi ini mengedepankan Akhlakul Karimah dan Junjung Sportivitas

Ribuan peserta lomba, official, se Jawa Timur dan juga ASN di lingkungan Kemenag Banyuwangi tampak membanjiri Stadion Diponegoro Banyuwangi, tempat diselenggarakannya opening ceremony Porseni MI ke-8 tahun 2023.

Hadir pada deretan kursi undangan, pejabat Kanwil Kemenag Jatim, Kepala Kemenag Kabupaten dan Kota se Jatim, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ali Mahrus, serta pejabat di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, Ketua DKB Banyuwangi Hasan Basri, Ketua komunitas Lentera Sastra Syafaat, Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Samsudin Adlawi dan tamu undangan lainnya.

 Mewakili Bupati Banyuwangi, Asisten Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Banyuwangi, Arief Setyawan, menyampaikan kebanggaannya karena Banyuwangi menjadi tuan rumah Porseni MI Tingkat Jawa Timur.

"Mewakili  Ibu Bupati Ipuk Fiestiandani yang sedang mendampingi Bapak Menpan RB, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding," ujarnya.

Acara pembukaan Porseni MI se Propinsi Jatim tersebut tampak begitu berkelas, dengan didukung pencahayaan lampu yang luar biasa, ditambah lagi dengan penampilan tarian kolosal gandrung Guurit Mangpir yang dibawakan oleh siswi Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah terpilih. Selain itu, juga ada suguhan menarik dari penyanyi Damar Aji, siswa MTsN 3 Banyuwangi.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dalam sambutannya mengapresiasi gelaran Porseni MI di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Dia sampaikan, bahwa Porseni MI bukan hanya ajang mencari kemenangan saja. Akan tetapi lebih dari itu, yakni sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antar siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah se Jawa Timur.

"Porseni MI se Jawa Timur bukan hanya mencari kemenangan, akan tetapi sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antar peserta dan juga para ustadz-ustadzah," ungkapnya.

Kakanwil Maram menambahkan,  dengan Porseni MI akan dapat meningkatkan prestasi siswa siswa MI bukan saja bidang akademik, akan tetapi juga peestasi non akademik. Bahkan yang palihg penting adalah prestasi akhlakul karimah.

"Selama melaksanakan pertandingan jaga agar selalu kedepankan akhlakul karimah, junjung tinggi sportivitas. Sehingga, nantinya akan menghasilkan para juara Jawa Timur yang hebat berakhlak, hebat bermartabat, dan hebat berprestasi," tegasnya.

Diakhir sambutannya Kakanwil Maram menyampaikan ucapan terimakasih pada Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi yang telah mensupport terselangaranya Porseni MI tingkat Jatim, dan juga dukungan terhadap lembaga pendidikan di bawah nanungan Kementerian Agama.

Sementara Kepala Kemenag Banyuwangi Moh. Amak Burhanudin menyampaikan terimakasih atas kerja keras panitia dan dukungan semua pihak dalam hal apapun. Amak berharap apa yang dilakukan dicatat Allah SWT sebagai amal kebaikan yang pahalanya dilipatgandakan

"Alhamdulillah, Pembukaan Porseni MI ke-8 tingkat Jatim di Stadion Diponegoro Banyuwangi berjalan lancar dan sukses luar biasa," pungkasnya. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Porseni Tingkat MI Provinssi Jatim Berjalan Meriah, Tuan Rumah Banyuwangi Raih Peringakat Pertama

Terkini

Close x