Translate

Iklan

Iklan

Pembagian dana Sharing Gula Petani Tebu Di PG PTPN XI Tahun ini, Disalurkan Melalui Bank BRI

12/22/12, 18:35 WIB Last Updated 2013-12-08T18:24:49Z

Yogi FO BRI Jember (Kiri) & Ana, FO BRI Lumajang (Kanan)
MAJALAH-GEMPUR.Com. Pembagian dana sharing pabrik gula se-wilayah PTPN XI yang sebelumnya diberikan langsung oleh PG ke Petani Tebu. Sejak tahun 2012 ini, pencairannya disalurkan melalui Bank BRI.


Hal ini dilakukan, agar keamanan dan kenyamanan petani tebu dapat terjamin, pasalnya setelah kebijakan penghapusan profit sharing oleh Direktur PTPN XI, dana sharing yang diterima petani tebu tahun ini meningkat tajam.

Sebelumnya selisih dana sharing, 40% harus diberikan kepada investor (Penalang; red), namun setelah banyak menuai protes dari petani tebu yang tergabung dalam Paguyuban Petani Tebut Rakyat (PPTR), dana profit  sharing  yang berlaku di PG PTPN XI sejak tahun 2002 sampai 2011 tersebut dihapus oleh Direksi PTPN XI (0 %). Sehingga dana sharing tersebut seluruhnya “100%” dapat dinikmati oleh petani tebu.

Dengan dihapusnya sistem profit sharing, menurut Dahlan pada tahun 2012 ini, ada sekitar 150 milyar uang yang sebelumnya dinikmati investor tersebut, kini dapat dinikmati petani. “Ada uang sebesar Rp 150 miliar yang dulunya jatuh ke pihak ketiga, sekarang jatuh langsung ke petani tebu. Belum lagi rendemen yang naik dan harga gula yang bagus”. Ulas Dahlan dalam tulisannya yang berjudul Semua Luh dan Las Sudah Berganti Tus

Demi keamanan dan kenyamanan petani tebu maka Dahlan Iskan menginstruksikan agar penerimaan dana sharing PG yang sebelumnya diberikan langsung oleh pihak menegement Pabrik gula, Mulai tahun ini disalurkan melalui Bank.

Hal ini dibenarkan oleh Yogi, Founding Officer Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jember. Menurut Yogi pembagian dana sharing di PG Semboro Jember ini merupakan pengalaman pertama, pihaknya tahun ini dipercaya untuk melayani sekitar 2.085 petani tebu. Sedangkan uang yang akan digelontorkan BRI kepada petani sebesar 55 Milyar. Tuturnya, saat ditemui MAJALAH-GEMPUR.Com di gedung Poras Semboro Jember, Rabu (19/12).

Menurutnya, petani tebu yang mengambil dana sharing, maka BRI akan memberikan kemudahan-kemudahan layanan bagi petani tebu, diantaranya kemudahan akses layanan jasa keuangan seperti Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) serta Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk mempermudahkan mereka menerima fasilitas bagi petani yang mengambil dengan rekening, kami menyediakan buku rekening khusus dengan stempel  yang menandakan bahwa nasabah tersebut adalah petani PG Semboro, terangnya.

Hal yang sama juga terlihat di PG Djatiroto Lumajang Sabtu pagi (22/12), sekitar pukul 09.00 WIB, saat Tim MAJALAH-GEMPUR.Com mendatangi  Gedung Tata usaha PG Djatiroto, beberapa petani keluar masuk disalah satu ruangan gedung itu, terlihat pula sejumlah petugas BRI yang siap melayani pencairan.

Sejak dibuka kemarin, unit layanan khusus petani tebu PG Djatiroto ini sudah melayani sekitar ratusan dari jumlah 991 petani yang mengirimkan tebu mereka ke PG Djatiroto, “saat dibuka kemarin (Jum’at-red) kami sudah melayani kurang lebih ratusan petani, sedangkan untuk hari ini kami belum bisa melihat berapa jumlah petani yang hadir” ungkap Ana, Founding Officer BRI Lumajang, saat diwawancarai disela-sela kesibukannya.

BRI Lumajang akan menggelontorkan dana sharing sebesar 38 Milyar kepada petani tebu. Menurut Ana, untuk menghindarkan fisik tunai pemilik 3.000 DO dari 991 petani, dapat menikmati layanan ecanal kami, dengan menarik di seluruh unit kerja atau di ATM.

Kita menggunakan system Realtime, jadi seketika itu juga bisa bertransaksi langsung masuk ke rekening, jadi system kami itu menghindarkan fisik tunai, tapi petani bisa menikmati layanan ecanal kami yang bisa ditarik di seluruh unit kerja ataupun di ATM, yang kami sediakan.

Untuk memberikan layanan terbaik bagi petani tebu PG Jatiroto, rekening yang sudah ada itu nanti akan kami berikan Riwed dalam bentuk undian Gendis Manis” kepada petani tebu Jatiroto Lumajang dengan hadiah utama Umroh” Pungkasnya. (Tim Gempur).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembagian dana Sharing Gula Petani Tebu Di PG PTPN XI Tahun ini, Disalurkan Melalui Bank BRI

Terkini

Close x