"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, April 16, 2013

Pemkab Bondowoso Berencana Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro-Hydro

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Masih banyaknya dusun dan wilayah yang belum terelektrifikasi listrik dari PLN memotivasi Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mengeksplorasi potensi alam menjadi energi listrik.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni ketika dikonfirmasi wartawan Selasa, 16 April 2013 mengatakan, “saat ini Pemkab tengah mempersiapkan program listrik yang cukup besar untuk mengatasi ketersediaan listrik di daerah terpencil.

“Kami siapkan di Desa Jirek Mas Kecamatan Cermee yang merupakan desa terpencil, kebetulan disana ada potensi air yang akan kita manfaatkan untuk menjadi pembangkit energi listrik mikro hidro,” Kata Bupati

Alokasi dana untuk pelaksanaan Program Pembangkit Listrik Tenaga Micro-hydro (PLTMH) ini telah dianggarkan dalam APBD Bondowoso tahun 2013 sebesar 2 Milyar Rupiah. “Sekarang sedang dalam tahap persiapan pengadaannya dan kami harap bisa segera selesai tahun ini.” Ungkap Bupati.

Selain Program PLTMH tersebut, Pemkab Bondowoso juga mendapatkan bantuan dari Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) untuk pengadaan listrik tenaga surya.

“Bantuan ini berupa panel-panel listrik yang berfungsi menangkap tenaga surya untuk diubah menjadi pembangkit listrik yang diletakkan dirumah-rumah penduduk,” tambah Bupati. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: