"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, September 1, 2014

Peringati HUT RI Ke-69, Warga Gelar Lomba Panjat Batang Pisang

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kegiatan untuk memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-69, yang satu ini cukup unik, Jika biasanya lomba panjat pinang, namun kali ini masyarakat mengadakan lomba panjat batang pisang

Kegiatan yang diselenggarakan warga Dusun Krajan 2 Banjarsumo, Desa/Kecamatan Kencong di jalur simpang empat ini, meski terkesan sederhana namun tetap bermakna. Ini nampak dari tingginya minat masyarakat sekitar untuk menyaksikan tontonan langka itu.

Pelaksanaan lomba juga sangat menantang. Karena, untuk bisa meraih hadiah, peserta harus berhasil memanjat batang pisang setinggi 5 meter dan mengambil hadiah yang di taruh di dalam bola kecil, jadi tiap peserta tidak tahu isi di dalam apa hadiah sebenarnya.

Tak hanya itu, tiap peserta yang dibagi dalam tim harus berjuang keras untuk mencapai puncak. Pasalnya, batang pisang sengaja ditempatkan di atas kubangan lumpur dengan posisi tergantung mengunakan tali yang di ikat di atas pohon mangga.

Akibatnya, antara satu tim dengan tim yang lain saling dorong, sehingga tidak sedikit peserta yang terjerembab kedalam kubangan lumpur saat gagal naik di batang pohon pisang tersebut. Upaya mencapai puncat semakin berat, sebab batang pisang semakin bertambah licin lantaran lumpur yang melekat pada tangan dan tubuh peserta juga menempel di batang pisang itu.

Ditemui Nusantara Pos, Senin (1/9), Ketua Forum Masyarakat dan Pemuda Banjarsumo, Arif Saifudin mengatakan, selain memperingati Hari Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ruang silaturahim sesama warga sekaligus sarana membangun nilai-nilai gotong royong dan kekompakan.

"Kita harapkan dengan lomba panjat pisang ada ini terbangun kesatuan yang solid sesama tim. Secara filosofis, kegiatan ini bermakna bahwa mencapai sesuatu tidaklah mudah, sebab untuk memenangkan perlombaan harus ada kerjasama dan kekompakan tim," jelasnya. (Ruz/Yud).

Berita Terkait Hiburan

No comments: