"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 26 Januari 2015

Polres Jember Ungkap Sindikat Uang Palsu 12.2 Miliar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jajaran Tim Resmob Polres Jember Sabtu (24/1) berhasil ungkap dan mengamankan empat orang Sindikat pengedar uang Palsu (Upal) beserta barang bukti pecahan seratus ribuan senilai 12,2 Milyar.

Pelaku mengaku baru memproduksi tiga bulan lalu dan belum beredar. “Namun kita tidak percaya begitu saja, kita akan kembangkan, kemungkinan ada mata uang asing”, Demikian disampaikan Kapolres Jember AKBP Sabilul  Alif, SH, SIK dalam realese yang di gelar di halaman Mapolres Jember Senin (26/1)

Peredaran upal terbesar di Indonesia selama tahun 2015 ini menurut Kapolres akan mengganggu perekonomian masyarakat secara makro. Untuk itu Mantan Kapolres Bondowoso ini siap mengamankan mesin pencetak namun masih merahasiakan lokasinya untuk kepentingan penyelidikan.

Kapolres tak menampik beredarnya upal ini untuk persiapan money politic jelang Pilkada 2015. “ Bisa jadi uang palsu ini juga untuk money politic menjelang Pilkada berangsung di Jember tahun 2015 ini, semua kemungkinan itu bisa terjadi jadi masih kita dalami dalam pemeriksaan,“ ujar Sabilul Alif.

Keempat tersangka yang kini diamankan di Mapolres Jember di amankan di tiga lokasi yang berbeda. Tersangka Am (35), warga Sumatera Selatan diamankan di Terminal Bus Tawang Alun Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember dan mengamankan uang yang diduga palsu senilai Rp 116 juta.

Lokasi kedua tim Resmob Polres Jember juga mengamankan AS (48) warga Jombang di RM Pujasera di Jalan Hayam Wuruk Kaliwates dan mengamankan uang palsu sebesar Rp 1,8 miliar serta satu unit mobil Avanza hitam.

Di lokasi ketiga tim Resmob Polres Jember kembali berhasil mengamankan dua tersangka masing-masing AK (46), warga Jombang dan KS (44), warga Kediri di Hotel Beringin Indah Jember  di kecamatan Ajung dan mengamankan uang palsu senilai Rp 12 miliar tersimpan di dalam mobil Innova.

Hingga kini ke empat pelaku peredaran uang palsu masih di amankan pihak Polres Jember guna pemeriksaan lebih lanjut. Dan Dalam waktu dekat mesin cetak yang digunakan untuk memproduksi uang palsu segera diamankan sebagai barang bukti. (midd)

Berita Terkait Kriminal

Tidak ada komentar: