"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, September 12, 2015

Ribuan Warga Jember Bersihkan Sungai Bedadung

Jember,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan orang yang terdiri dari jajaran Forpinda, Pemkab, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, TNI, Polri, bersama Pecinta Alam, Komunitas, dan Relawan Sabtu (12/9) membersikan sungai Kali Bedadung.

Tampak dalam acara yang dikemas dengan tema “Resik-resik Kali 1000 Orang” pimpinan Forpimda diantaranya Bupati Jember MZA Djalal, Dandim Jember Letkol Wirawan, Kajari Jember Hadi Sumartono, SH, Kabagsumda Polres Jember Kompol Nirmala dan sejumlah pejabat SKPD Pemkab Jember.

Sejak dimulai pukul 08.00, Jajaran Forpinda bersama masyarakat terlihat antusias, bahu - membahu dan  dan bergotong – royong menyisir semua jenis sampah rumah tangga maupun yang dibuang masyarakat, baik organik maupun an organik yang berserakan di sepanjang sungai dibawah Jembatan Gladak Kembar.

“Secara pribadi saya gembira, masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan khususnya kebersihan Sungai Bedadung, sehingga yang selama ini terlihat kotor dan kumuh karena banyaknya sampah yang berserakan, kini sudah terlihat bersih”, “ ucap Djalal.

Demikian disampaikan Bupati Jember MZA Djalal kepada beberapa wartawan cetak, elektronik dan online di sela-sela acara.  Djalal  juga mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi masyarakat Jember yang  peduli dab bekenan ikut serta dalam kegiatan ini.

Menurutnya, masyarakat harus disadarkan akan pentingnya menjaga ekosistem dan memelihara keindahan bantaran Sungai. Misalkan dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar sungai terlihat bersih dan nyaman sehingga dapat dijadikan kawasan wisata lokal yang murah.

Salah seorang peserta, Agus mengaku senang dan mendukung , Agus berharap kegiatan ini tidak dilakukan ketika sampah sudah menggunung, namun dapat dilakukan secara periodik. “Ini kegiatan positif mas, kami dukung. menjaga kebersihan dan keindahan sungai tidak hanya petugas kebersihan saja tetapi tugas kita bersama. Anak cucu kita juga perlu mendapat pendidikan sejak dini dengan mencintai, menjaga serta merawat kawasan Sungai yang menjadi ikon kota Jember ini mas”, katanya.

Sementara Hanan Kukuh Ratmono selaku Panitia dan anggota Komunitas Berebek Sedekah mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih di Sungai  ini sudah ketiga kalinya. “ Acara ini sudah berjalan tiga kali mas dan terimakasih atas dukungan semua pihak yang bersedia mengikuti acara ini dengan massa yang besar”, terangnya.

Selepas bersih-bersih Sungai Bedadung, acara dilanjutkan dengan beristirahat untuk makan siang dengan dihibur kelompok musik K2 Reggae. Tak ketinggalan Bupati Djalal menyumbangkan tiga lagu yang disambut gembira oleh masyarakat dan peserta acara yang ikut bergoyang bersama.

Ribuan Benih Ikan Disebar
Guna melestarikan ekosistem agar sungai kembali indah, asri dan menyenangkan sebagai tempat hiburan dan wisata yang murah. Usai membersihkan kali Bedadung  juga disebar 10.000 benih ikan dari berbagi jenis.

Menurut Bupati MZA Djalal penyebaran benih ikan, bagian dari menjaga ekosistem. Untuk itu harus kita jaga bersama, dengan tetap melakukan perawatan, khusunya dari masyarakat sekitar bantaran sungai. “ Saya berharap kerjasama warga masyarakat untuk ikut menjaga ekosstem Sungai “ katanya.

Djalal berharap masyarakat ikut serta menjaga dan merawat Sungai Bedadung dengan, selain menjaga juga tidak merusak ekositem dengan menangkap ikan dengan menyebar racun, menyetrum dan lain sebgainya yang pada intinya merusak keindahan ekosistem, tidak lagi membuang sampah ke sungai yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta bau yang tidak sedap. (midd/edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: