"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, November 26, 2015

Petani Durian Sumberjambe Jember Mulai Panen Durian

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah petani Durian di Sumberjambe panen perdana, para pembeli dan pedagang mulai berdatangan, bahkan tengkulak luar daerah berlomba pasang harga mahal.

Seperti yang diungkakan, salah satu pemilik pohon durian P. Arik (30) Desa Plerean, dirinya mengaku memiliki 20 batang pohon durian. Yang rata- rata memiliki buah yang cukup lebat, banyak pedagang luar daerah sudah bolak- balik mengantarkan uang  untuk membelinya walaupun kondisi buahnya masih kecil.

"Panen perdana kali ini masih belum banyak, bertepatan dengan musim penggujan lagi. Kami berharap harga masih terus stabil,  kami berusaha untuk tidak menjual pohon- pohon durian kepada para tengkulak dari luar daerah. Biar kami jual langsung saja sampai matang dipohonnya." Jelasnya. Rabo (26/11)

Musim durian menjadi lahan basah bagi pembianis musiman untuk meraup untung banyak. Seperti yang diungkapkan pedagang eceran asal Kecamatan Kalisat Adi (34), walaupun dengan harga yang sangat melambung dia berani membelinya demi kepuasan para penikmat durian diwilayahnya.

"Harganya masih mahal mas, hatga jualnya berkisar 40 ribu. Saya ambilnya dari pohon Rp.35.000,- ini kan musim perdana jadi saya memberanikan diri untuk membelinya. Walaupun resikonya busuk apabila tidak laku, kami yaqin pembeli akan banyak." Ungkapnya sambil menggelar dagangannya di jalan Kalisat.

Walaupun harga durian yang dipatok relatif mahal, Namun Adi mengakui dalam 1 hari bisa menghabiskan 50 Buah. Sehingga penghasilannya rata-rata diatas Rp.100.000,-perharinya. (mam/eros)

Berita Terkait Pertanian

No comments: