"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, December 9, 2015

Pancing Warga Nyoblos, TPS Ini Beri Doorprize Ayam Kampung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pancing partisipasi warga datang ke TPS. KPPS 01 Perumnas Pesona Surya Milenia Lingkungan Karangmluwo, Kelurahan Mangli, Kaliwates, beri dorprize berupa ayam kampung.

Pemberian hadiah ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya. “Ini baru pertama kami lakukan. Sebelumnya partisipasi warga sekitar 70 persen. kami menginginkan bisa lebih tinggi, kalau bisa 100 persen,” kata Ketua KPPS TPS 01 Milenia, Muhammad Bahtiar.

Selain hadiah Ayam kampong, juga disediakan beberapa hadiah lainnya “Kami telah menyiapkan sebanyak tujuh ekor ayam kampung, tiga kipas angin, lima kompor gas, 10 payung dan sekitar 50 buah kaos untuk warga yang mau mencoblos,” ujar Bahtiar (45) di lokasi Tempak Pemungutan Suara.

Mengenai biaya yang digunakan, Bahtiar menyebutkan, hadiah tersebut diperoleh dari sumbangan warga yang tinggal di Perumnas Pesona Surya Milenia. “Kebanyakan pengusaha yang tinggal disini menyumbangkan sebagian rejekinya untuk dorprize pemungutan suara ini,” katanya.

Secara teknis, pemberian hadiah ini diundi terlebih dahulu setelah penutupan pemungutan suara sekitar jam 12.00 WIB. “Setiap warga yang mencoblos akan mendapatkan nomor undian sesuai secara acak. Setelah itu kami undi nomor undian itu, mana nomor yang keluar, itu yang akan mendapatkan hadiah,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Bolot (61) mengaku senang untuk mencoblos di TPS tersebut. “Nanti, waktu penghitungan suara bisa balik ke TPS. Melihat prosesnya sambil menunggu pengundian hadiahnya,” kata Bolot sambil tersenyum.

Divisi Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga KPU Jember mengatakan, banyak upaya kreatif meningkatkan partisipasi masyarakat. “Kami lihat, Pemilih sangat antusias datang ke TPS. Semoga partisipasi pemilih dalam Pilkada ini bisa sesuai target kami yakni minimal sebesar 75 persen,” kata Hanafi. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: