"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, December 4, 2015

Sinergitas 3 Pilar Dan Poldes Tekan Kriminalitas

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ada yang menarik saat pelaksanaan shalat Istisqo’ Jumat pagi (4/11) di halaman Mapolres Banyuwangi, 3 perwira berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) nampak guyub dan khusu'.

Ketiganya adalah Kompol Heru Kuswoto (tengah) adalah Kapolsek Urban Genteng, yang menjabat di era kepemimipinan Kapolres AKBP. Nanang Masbudi, SIK, sejak tahun 2012 hingga pucuk pimpinan Wangi 1 digantikan AKBP. Yusuf, SIK.

Selanjutnya disebelah kirinya adalah Kompol Riamun, yang menjabat posisi Kapolsek Urban Genteng, pada masa Kapolresnya AKBP. Yusuf, hingga berlanjut Kapolres Tri Bisono, SIK. Selanjutnya, pada akhir Mei 2015 lalu AKBP. Tri Bisono, digantikan Kapolres AKBP. Bastoni Purnama, SIK. Dan baru beberapa bulan lalu, Kompol. Riamun, digeser oleh Kompol. Sumartono, sebagai Kapolsek Urban Genteng, hingga sekarang ini.

Di masa kepemimpinan Kapolsek Genteng, Kompol. Heru Kuswoto, adalah jaman ke-emasan karena pada saat itu Kapolres AKBP. Nanang Masbudi, berhasil menelorkan program sinergitas 3 pilar dan polisi desa (Poldes). Program sinergitas 3 pilar yang di gagas AKBP. Nanang Masbudi-pun bak gayung bersambut langsung direspons oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, kala itu.

Tidak tanggung-tanggung, program sinergitas 3 pilar yang akhirnya di adopsi oleh Bupati Anas, itu menjadi program andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, hingga membuat Banyuwangi tercipta situasi kondusif sampai di lini paling bawah.

Sedangkan untuk mengawal program sinergitas 3 pilar, AKBP. Nanang Masbudi, juga menelorkan Poldes. Di mana Poldes merupakan sebuah program untuk mempertajam dan memaksimalkan peran serta tugas Bhabinkamtibmas sebagai pelaksana di tingkat bawah (desa) bersama 2 pilar lainnya yakni, Babinsa dan kepala desa/kepala kelurahan.

Pada masa itu, juga diberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas teraktif dari Desa Genteng Kulon, masuk wilayah hukum Polsek Genteng, Bripka Yanuari Ikhsan. Pada gilirannya, ketika pada masa Kapolres Yusuf, Bhabinkamtibmas-nya digantikan oleh Brigadir Rocky, juga tetap menjadi yang teraktif sampai pada masa Kapolres Tri Bisono dan berlanjut Kapolres Bastoni Purnama, saat ini.

Bahkan, semasa Kapolres Yusuf, sempat tim dari Mabes Polri, yang saat itu dipimpin oleh AKBP. Achmad Sabri, SH, MH, turun langsung ke lapangan untuk membuktikan kesuksesan program 3 pilar yang dikawal oleh Poldes. Hasilnya, jadilah program 3 pilar yang dikawal Poldes dengan jargon ‘Njogo Deso Mbangun Deso’ menjadi program unggulan Polres Banyuwangi sekaligus sebagai pilot project Polres se-Indonesia yang di nominasikan oleh Mabes Polri.

Di masa Kapolsek Genteng, di jabat Kompol. Riamun, juga berhasil menjalin sinergitas 3 pilar sedemikian rupa hingga berbuah lapangan tenis kembar ‘Bhayangkara’ yang terletak di belakang di Mako Polsek Genteng. “Pencanangan pembangunan lapangan tenis kembar Bhayangkara itu dilakukan sejak jaman Kapolres Nanang Masbudi hingga usai pelaksanaan pembangunannya di era Kapolres Tri Bisono.

“Itu berkat 3 pilar. Kami bersama-sama dengan warga masyarakat Genteng mewujudkan keberadaan lapangan tenis kembar ‘Bhayangkara’ yang sekarang kita lihat bisa dipakai bersama untuk sarana berolah raga,” cetus Riamun, dalam satu kesempatan.

Baik era Kapolres Tri Bisono, yang memaksimalkan peran dan tugas Poldes maupun program sinergitas 3 pilar, di era Kapolres Bastoni Purnama, saat ini-pun baik Poldes maupun 3 pilar tetap menjadi program unggulan Polres Banyuwangi.

Bahkan Kapolsek Genteng, saat ini, Kompol. Sumartono, lebih giat maksimalkan 3 pilar. “Kami berusaha meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dengan memberdayakan sinergitas 3 pilar dalam kawalan Poldes. Mohon doanya,” tutur Kompol. Sumartono, yang hobby blusukan ke tempat-tempat keramaian. (Kim)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: