"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, January 29, 2016

Pemuda NU Jember Gelar Kampanye Tangkal Radikalisme

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pasca ditemukannya surat dukungan untuk ISIS oleh anak SD di Bondowoso, pemuda Nahdlatul Ulama’ (NU)  galang gerakan bentengi faham radikal ke sejumlah anak-anak.

Secara visual, gerakan itu diwujudkan melalui pemasangan bendera NU sepanjang tahun, di depan lembaga belajar Taman Baca Al-Fath, sebuah lembaga belajar dan bermain anak, di Perumahan Bumi Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates kabupaten Jember Jawa Timur.

“Mencegah radikalisme itu harus dimulai sejak dini, oleh karenanya perlu ditanamkan faham toleransi kepada anak-anak, baik di dalam keluarga maupun lembaga pendidikan,” Demikian kata Ahmad Faidi Suja’i, penggagas gerakan tersebut, Jum’at (29/1).

NU sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia merupakan simbol perlawanan radikalisme. “Karena pola pemahaman dan praktek keagamaan NU mencirikan Islam inklusif dan moderat, sehingga perlu disebarluaskan ajarannya,” ujar mantan ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember ini

Selain itu, dirinya juga berencana membuat kawasan bebas radikalisme di perumahan tersebut. “Secara visual, gerakan ini akan kami wujudkan dengan pemasangan bendera NU di depan rumah-rumah warga sepanjang tahun, pemasangan bendera ini merupakan simbol menangkal radikalisme di kalangan masyarakat,” paparnya.

Gerakan tangkal radikalisme tersebut mendapat respon dari pengelola Taman Baca Al-Fath, yang juga ketua RT setempat. “Saya kira gerakan seperti ini perlu didukung, karena radikalisme adalah persoalan bangsa, dan harus dilawan secara bersama-sama,” kata Beni Eko Rohmatullah. (ruz)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: