"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, March 16, 2016

Seni Budaya Pencak Silat Tjimande Mulai Terlupakan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pencak silat Tjimande, salah-satu kesenian asli Daerah yang sudah puluhan tahun, hidup berkembang di Indonesia, harus distarikan agar tidak tergerus oleh jaman.

Seni budaya ini terkesan dipandang sebelah mata. Seperti yang dirasakan Persatuan Pencak Tjimande Indonesia (PPTI) Setia Kawan yang didirikan Almarhum bapak Eleng (1990) yang dilanjutkan putranya Muhammad Alim di Desa  curah kalong kecamatan Bangsalsari tidak pernah mendapat perhatian pemerintah.

"Pencak silat Tjimande adalah seni budaya silat adalah warisan Leluhur bangsa ini mas, Tjimande adalah seni budaya Asli bangsa Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi yang melrstarikannya," ujar Muhammad Alim ketua PPTI setia kawan ini Rabo siang  (16/3) saat di temui dikediamannya.

Menurut Alim panggilan akrab ketua PPTI yang juga menjadi Perangkat Desa Bangsalsari ini, dirinya rela melestarikan Seni Budaya pencak silat Tjimande, karena dirinya tidak inging Seni Budaya pencak silat Tjimande ini tenggelam tergerus tergerus arus jaman.

"saya meneruskan amanat Almarhum Ayah saya mas, saya sendiri sebenarnya pemain sepak bola, tapi Ayah meminta saya untuk belajar tjimandek, menurutnya bagaimanapun kesenian pencak silat tjimande adalah warisan leluhur untuk itu wajib dilestarikan keberadaanya" Jelasnya

Alim sadar, membangun dan melestarikan kesenian ini tidak semudah membalik telapak tangan, namun dirinya Berjanji dan terus berusaha agar tjimande tetap hidup, "saya sadar mas, untuk melestarikan, membangun dan menata sebuah perguruan Seni budaya Pencak silat ini tidak mudah”, Lanjutnya

Selain biayanya cukup besar seperti biaya alat alat tabuhnya, seragam nya dan lain-lain, kita harus juga telaten. Namun saya Yakin dan Optimis Dengan terus berusaha tanpa kenal lelah dan rasa ikhlas Pasti suatu saat akan mendapatkan jalan keluar terbaik." ungkapnya.

Campur tangan pemerintah sangat dibutuhkan. "Apalagi Pemerintah ikut membantu dalam usaha pelestarian seni budaya ini ini, saya pastikan akan tetap terjaga, seni budaya asli dan warisan leluhur Indonesia lo mas, yang seharusnyalah dijaga kelestariannya. "lanjutnya

Untuk itu saya berharap pemerintah khususnya Pemerintah daerah Jember ikut serta dalam pelestarian seni Budaya daerah Asli indonesia ini " harapan saya pemerintah khususnya Kabupaten jember bisa membantu dan ikut serta dalam pelestarian seni budaya daerah asli Indonesia ini mas."  harapnya.

Warno, Anggota Polri mengapresiasi kegiatan yang akan memberikan dampak baik buat anak cucu kita agar terhindar dari perbuatan menyimpang "Disamping  melestarikan budaya, juga dapat menekan perbuatan yang melanggar hukum, pasalnya kalau ikut Tjimande ini ada Sumpah nya lo mas ." ucap Warno

Hal senada disampaikan Adi Susanto Kepala Desa Bangsalsari, bahkan dirinya bangga, Anton biasa kepala desa ini dipanggil berharap masyarakat ikut peduli. "Saya berharap masyarakat dan pihak terkait dalam hal ini pemerintah ikut peduli dalam pelestarian Seni Budaya  ini. " tukasnya (rud)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: