Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Selasa, 09 Mei 2017

Puluhan Warga Jember, Protes Minta Kandang Ayam Ditutup

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tolak kandang ayam, Selasa (9/5), puluhan warga Desa Randuagung Sumberjambe gelar aksi tutup akses jalam masuknya bibit dan pakan ayam. Mereka minta kandang ayam ditutup.

Aksi tersebut sudah berjalan sekitar dua bulan. Konflik bahkan sudah beberapa kali nyaris terjadi adu fisik, pasalnya keberadaan Kandang ayam yang berjarak kurang lebih 4 meter dari pemukiman, menimbulkan Bau menyengat, dan mengelukan banyaknya lalat.

selama ini warga mengaku cukup sabar dampak kandang ukuran jumbo itu. “Warga resah, lalat, dan penyakit yang menimpa warga. Kita terus berjuang melakukan tuntutan agar kandang dipindah, apalagi kandang tesebut tidak ada ijin warga,” jelas Rudi (35) warga sekitar

Warga sudah ngadu, mulai dari pemeritah desa, Muspika, sampai kabupaten bahkan, pemilik pernah dipanggil ke kantor DPRD Jember. “Kami juga sudah ngadua ke Kantor Lingkungan Hidup (KLH), meski sudah keluar surat larangan KLH, pemilik kandang masih beroperasi,” Keluhnya.

Hal Senada disampaikan Dian (32) selama ini dirinya bertahan di tempat tersebut hanya ingin tercipta iklim sehat. “Keinginan warga agar kandang ayam ditutup, karena mengganggu kesehatan terutama anak kecil, warga berharap Bupati Faida dan Kapolres turun tangan." pintanya.

Menurut informasi, pemilik kandang ayam tersebut adalah warga Kelurahan Gebang Jember, kapasitas kandang, diperkirakan berisi 60 ribu. Sampai berita ini ditulis, Camat Sumberjambe saat dihubungi via pesan singkat (SmS)  tidak ada jawaban meski laporan terlihat terkirim. (yond/man)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: