"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, July 23, 2017

Warga di Situbondo Mulai Kekurangan Air Bersih

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Memasuki  musim kemarau, sejumlah warga di Kabupaten Situbondo Jatim mulai kekurangan air bersih, bahkan PDAM yang dikelola desa, debet dibit airnya juga menurun.

Sehingga warga menuggu aliran air PDAM satu minggu sekali, akibatnya warga, terpaksa  harus mengkonsumsi air sungai. Sudah beberapa minggu terakhir ini warga terpaksa mencari air dari aliran sungai, Keluh Riyani, salah-satu warga, Desa Bantal, kecamatan Asembagus, Minggu (23/7).

Riyani mengaku, setiap hari bersama anaknya harus berjalan kaki membawa ember dan dirigen menyusuri hutan dan perkampungan untuk mendapatkan air besih di Sungai, dengan jarak 3 kilo Meter dari rumahnya.“Capek sih capek mas, apa lagi kalau pagi dan sore, tapi bagaimana lagi” tuturnya.

Untuk kebutuhan memasak, cuci  dan mandi, sebagian warga juga ada yang memanfaatkan resapan air sungai, dengan menggali lobang berdiameter 30 Cm dengan kedalaman 15 cm, menurut informasi yang dihimpun media ini, untuk mendapatkan satu ember penuh saja harus menunggu berjam- jam lamanya.

Meski distribusi air sudah digencarkan pemerintah namun belum maksimal. Untuk itu, warga berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mampu memaksimalkan bantuan air bersih kepada warga yang kukurangan air bersih, untuk dipergunakan kebutuhan setiap harinya. (Edo)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: