"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, October 25, 2017

Kejari Jember Kembali Menggelar Jaksa Masuk Sekolah

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mencegah pelanggaran tindak pidana sejak dini, Rabo (25/10) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember Jawa Timur menggelar program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Pengenalan hukum sejak dini kepada para pelajar ini sebelumnya Kamis (7/9) kejari juga pernah menurunkan para Jaksa Fungsionalnya menyampaikan materi kepada para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jember.


Upaya  penegakan hukum secara preventif ini pelajar di kabupaten Jember mulai dari SMA, SMP bahkan SD ini, dimaksudkan untuk meminimalisir tindak pidana di kalangan remaja, terutama penggunaan obat keras berbahaya (Okerbaya) yang sudah mulai marak di kalangan pelajar di sekolah-sekolah.

Dihadapan 120 Siswa-siswi SMA Negri 1 Jember, Kasi Inteljen, Agus Kurniawan, SH, MH, didampingi Dani SH dan Gunawan SH, dan para Pejabat Fungsional Kejari ini tampak memberikan pengarahan mulai dari masalah narkoba, korupsi, hingga perlindungan pada anak.

Para fungsional Kejari Jember ini juga mengenalkan bahwa aturan ini mengatur kehidupan yang mengikat dan harus dipatuhi, serta menerangkan arti Jaksa, sebagai lembaga yang diberi tugas UU, sebagai penuntut umum dan sebagai eksekutor, serta memiliki kewenagan untuk menyeliki kasus Korupsi. 

Melalui kegiatan ini Agus, berharap para siswa tidak akan melakukan pelanggaran hukum. "Diharapkan, para siswa mampu memahami hukum hingga memiliki kesadaran sejak dini, sehingga bisa terhindar penggunaan narkoba, kurupsi hingga perlindungan anak." Rabu (25/10).

Salah satu siswa, Azalia, mengaku terinspirasi, ia bisa mengerti konsekuensi hukum.  Siswi kelas XII ini juga berharap kegiatan seperti ini mampu mengurangi budaya melanggar hukum yang kerap dilakukan remaja seusianya meski dalam sekala kecil seperti tidak mentaati aturan rambu lalu lintas.

Menurut Kepala Sekolah, Dora Indriana S.pd, Mpd, kedatangan tim Kejaksaan, ke sekolahnya merupakan kemujuran. "Program Jaksa masuk Sekolah suguh sangat positif bila dilakukan secara menerus, para murid mengerti dan akan melek hukum," Jelasnya. (edw).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: