"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, 16 November 2017

Perubahan Cuaca, Dandim Jember Minta Jajarannya Pantau Wilayahnya

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Antisipasi terjadinya bencana terkait perubahan cuaca Komandan Kodim (Dodim) 0824 Jember Letkol Inf Rudianto meminta jajaranya memantau perkembangan wilayahnya.

Cuaca hujan yang terjadi sepanjang waktu pada Hari Kamis (16/11/2017) dan beberapa hari terdahulu sejak pagi hari hingga sore hari yang merata diberbagai tempat riskan terhadap terjadinya bencana alam, baik bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain.

Untuk itu sejak beberapa hari ini Dandim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto telah memerintahkan kepada anggota dan jajarannya untuk meningkatkan monitoring wilayah, hal tersebut tentunya untuk meningkatkan ketanggap segeraan apabila ada kejadian yang menonjol diwilayah.

“Karena beberapa hari ini ada saja rumah hancur yang tertimpa patahan pohon, longsor namun kejadian-kejadian tersebut tidak sampai memakan korban jiwa, untuk itu perlu adanya peningkatan kewaspadan kita semua terhadap perkembangan situasi diwilayah”, jelasnya.

Rudianto berpesan kepada anggotanya untuk meningkatkan monitoring wilayah tanggung jawabnya masing-masing sehingga dapat bertindak cepat apabila ada kejadian bencana diwilayahnya dan mampu meminimalisir korban utamanya korban manusia.

Demikian halnya kepada masyarakat  Jember Letkol Inf Rudianto menghimbau agar meningkatkan kewaspadaannya, amati ranting-ranting pohon disekitarnya kalau memang membahayakan segera koordinasikan dengan aparat setempat untuk dipotong, waspadai cuaca yang seperti sekarang ini yang sangat rawan terjadinya berbagai bencana.

Bahkan tidak hanya rawan bencana namun pada musim pancaroba ini juga rawan adanya penyakit, untuk itu jaga kebersihan lingkungan kita, apabila ada saluran air yang tersumbat dan tidak jalan segera adakan kerja bakti dan lain-lain. imbuh Letkol Inf Rudianto.

“Disamping itu tugas pokok TNI adalah menjaga keselamatan bangsa dan keutuhan NKRI, terkait dengan itu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah hal yang sangat mendasar dan ada disekitar kita semua yang harus terkondisikan lebih dahulu”, Jelasnya.

Untuk itu Dandim mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup bersih, kalau sungai dan lingkungan bersih kesehatan masyarakat pastinya meningkat, dengan kesehatan masyarakat yang mantap tentunya pertahanan negara akan semakin kuat, Pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: