"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, 8 December 2017

Pemdes Curahmalang Jember Prioritaskan DD Untuk Pavingisasi Dan Bumdes

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemdes Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, prioritaskan DD untuk pavingisasi akses jalan yang menghubungkan lahan pertanian dan pemukiman warga dusun Gumuk sari.

Desa Curahmalang merupakan salah satu dari Delapan desa di Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, yang berhasil membangun infrastruktur desa untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Bukan hanya diperuntukkan untuk pembangunan infrasturktur desa tetapi juga diperuntukkan untuk Bumdes.

“Hal ini sesuai amanat Permendes No. 4 Tahun 2016 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (perubahan atas Permendes No. 22 Tahun 2016)Tahun 2017”, demikian disampaikan Kepala Desa Curahmalang, Yoseph Kepada media ini Jumat (08/12/2017).

Menurutnya Pemerintah Desa (Pemdes) Curahmalang  dapat Dana Desa (DD) Rp. 796.499.431, yang digunakan untuk infrastruktur di 18  titik, untuk pemberdayaan masyarakat sebesar Rp. 50.000.000, termasuk di dalamnya penyertaan modal untuk pendirian Badan Usha Milik Desa (BUMDesa)," Jelasnya.

Untuk  anggaran paving sepanjang 123 m di dusun Gumuk sari, sebesar Rp. 63.000 000. proyek tersebut dibangun atas inisiasi serta partisipasi masyarakat yang dituangkan di perencanaan desa (RPJMDes, RKP, dan APBdes) melalui musyawarah desa, "Pengerjaannya  dilakukan engan swakelola," imbuhnya

 Kini warga Curahmalang menurutnya sudah bisa menikmati manfaat anggaran dari pemerintah, baik yang bersumber dari DD maupun Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga pemerataan pembangunan infrastruktur di desa Curahmalang sudah mulai merata. (eros/mam).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: