"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 24 January 2018

Empat Rumah Warga Jember Luluh Lantak Diterjang Longsor

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hujan mengguyur Jember sejak Senin (23/1), sekitar 17.30 WIB mengakibatkan longsor dan merusak 4 rumah warga Dusun Ajung Oloh dan Dusun Krajan, Desa Ajung, Kecamatan kalisat.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, hujan membuat debit air sungai yang melintasi sejumlah desa di kecamatan kalisat naik, selain itu  gumuk setinggi kurang lebih 25 meter yang berada dibelakang pemukiman warga tidak kuat menahan air akhirnya longsor menimpa 4 rumah warga.

Sekitar 50 personil kepolisian diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu BPBD, TNI dan masyarakat untuk menangani kawasan terdampak longsor. Bantuan berupa sembako dan obat-obatan untuk korban bencana juga sudah di distribusikan.

Selain itu juga dibuka klinik kesehatan untuk membantu memberikan bantuan medis bagi  masyarakat yang membutuyhkan. “Tidak ada korban jiwa dalam bencana yang terjadi, meskipun menimbulkan banyak kerugian materi”, Jelas  Kapolres

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo mengatakan, 6 Kecamatan yang terendam banjir adalah kecamatan Kalisat, Ledokombo, Silo, Tempurejo, Mayang dan Sumberbaru.

Banjir akibat meluapnya debit air sungai. Ketinggian air yang merendam rumah-rumah warga  berkisar antara 30 hingga 70 centi meter atau setinggi lutut orang dewasa. Heru Widagdo menerangkan, BPBD Jember telah bergerak ke wilayah-wilayah yang terkena bencana untuk melakukan evakuasi dan recovery.

Lebih lanjut Heru Widagdo menghimbau, masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana untuk bisa lebih meningkatkan kewaspadaan, dan segera ke BPBD jika mengetahui terjadinya bencana agar bisa segera melakukan penanganan. (edw).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: