"Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018. Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018.Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018"
Custom Search

Thursday, 11 January 2018

Kabag Humas Jember Bakal Sediakan Media Center

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bakal menyediakan media center beserta sarana pendukungnya bagi jurnalis.

Rencana itu disampaikan saat pertemuan informal di rumah Andik Sugiono, jurnalis Surabaya Pagi, di Jalan Kaca Piring 3, Kelurahan Gebang, Patrang, Kamis (11/1/2018) malam.  "Semoga di tahun 2018 ini rencana itu bisa terealisasi," ujar Kabag Humas dan Protokol, Herwan.

Meski ada sesi dialog, suasana pertemuan terlihat cukup akrab. Bahkan, Ia, ingin pertemuan serupa digelar secara berkala menggunakan konsep anjangsana. Kontan, rencana ini direspon positif oleh sekitar 30 jurnalis berbagai platform, seperti media cetak, radio, televisi dan online yang hadir.

"Pertemuan informal ini dapat membangun sinergi antara pekerja media dan Pemkab Jember. Karena jurnalis merupakan elemen penting untuk menyampaikan kepada publik tentang agenda pembangunan. Kedepan, pertemuan semacam ini semoga bisa digelar tiga bulan sekali dengan anjangsana," Harapnya.

Menurut Hernawan Mustika misalnya, jurnalis Kompas TV ini menuturkan, penyediaan sarana yang berada di media center tersebut dinilainya dapat meringankan kerja para pewarta, sehingga dapat memudahkan proses kerja para wartawan yang bekerja di lapangan.

"Saya kira tidak perlu disediakan komputer, karena masing-masing sudah memiliki perlengkapan masing-masing. Cukup sediakan tempat dan sambungan internet yang bisa diakses secara mudah," kata pria yang akrap disapa Icang ini.

Hal senada disampaikan Ketua Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Ihya Ulumiddin. “Acara ini  jadi babak baru bagi hubugan Pemkab dengan jurnalis. Apalagi, Pemkab tengah gencar menata birokrasi dan memerangi korupsi dengan jargon tegak lurus.

Sehingga tak hanya perlu dikawal tetapi juga perlu didukung oleh pekerja media. "Dan rakyat juga butuh informasi tentang sejauh mana komitmen itu dilaksanakan. Sehingga kita bisa menjadi penyambung mata dan lidah rakyat," jelasnya.

Kendati begitu, Ia mengingatkan, jalinan komunikasi yang terbangun dengan baik ini tak lantas memudarkan tugas jurnalis sebagai agen kontrol yang menjadi mata rakyat. "Untuk itu, mari kita bangun sinergi ini dengan tetap menjaga komitmen dan independensi," tuturnya. (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: