"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 22 March 2018

Akibat Hujan Lebat, Tiga Jorong Di Sijunjung Disapu Banjir Bandang


Sijunjung, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat intensitas hujan tinggi, tiga Jorong di Nagari Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung, Sumbar Kamis ( 22/03/2018 ) dini hari disapu banjir bandang.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian materaial kerusakan peralatan rumah tangga dan padi stok pangan di rumah warga terendam yang banyaknya lebih kurang 8 ton amblas dibawa air.

Peristiwa tersebut disampaikan, Rahmi ( 34 ) warga  yang rumahnya terdampak banjir. “Banjir bandang akibat intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi tadi malam, hal ini disebabkan gorong gorong sungai batang langsek yang dilintasi jalan jalisum tersumbat”, Jelasnya.

Kejadian itu lanjutnya lantaran plong kemungkinan tidak mampu memuat derasnya debit air yang tiba tiba datang yang disertai dengan meterial kayu glondongan dan lumpur  Agar kejadian serupa tidak terulang lagi pada musim hujan mendatang, ia menyarankan sebaiknya polong ditukar.

Hal sendada disampaikan Maliki (36) kepala jorong batang tanam menyampaikan akibat banjir bandang ini ada tiga jorong terdampak rumah warga tersapu banjir  9 rumah di jorong  talang,  9 rumah di jorong  sei ampang  7 di jorong Batang tanam.                             

Untuk menghindari kejadian serupa kepala Jorong Batang tanam ini  juga berharap  bantaran suangai di dam sebagai pengendali banjir dan  bok cover di sungai batang lansek di perbesar. Rosmawati ( 58 ), warga Jorong talang berharap pada pemerintah untuk mengirimkan pakaian layak pakai dan makanan siap saji

Camat kamang Baru David Rinaldo SSTP di dampingi AKP Lazuardi Kapolsek, anggota Koramil Tanjung Gadang  beserta Babinsa, wali Nagari  tampak bergotong royong mengangkat glondongan kayu yang menyumbat gorong batang lansek bersama masyarakat.

"Saya sudah koordinasi dengan BPBD agar dikirim alat berat untuk membersihkan sampah kayu dan mobil pemadam untuk menyiram rumah yang penuh lumpur, untuk pakaian dan makanan, juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos, satu jam lagi makanan dan pakaian layak akan datang mas" ujar David. (gus).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: